APAKAH FAKTOR KUALITAS LAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI KAP BERPENGARUH TERHADAP INVESTOR ASING DI BURSA EFEK INDONESIAAPAKAH FAKTOR KUALITAS LAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI KAP BERPENGARUH TERHADAP INVESTOR ASING DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Investor asing merupakan salah satu pihak yang penting dalam membangun perekonomian suatu negara, banyak faktor-faktor yang mempengaruhi investor asing dalam mengambil keputusan investasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Laporan Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan dan Reputasi KAP Terhadap Investor Asing di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat dari situs resmi Bursa Efek Indonesia yang tercatat di indeks saham LQ45 pada periode 2015 – 2019 yang menghasilkan 75 sampel. Teknik pengambilan sampel data dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling.
Hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas Laporan Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan dan Reputasi KAP secara simultan berpengaruh Terhadap Investor Asing. Kualitas Laporan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif terhadap investor asing, sedangkan Ukuran Perusahaan dan Reputasi KAP berpengaruh positif terhadap investor asing. Kesimpulan dari penelitian ini menjabarkan bahwa perusahaan harus menjalankan dan melaporkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan bersamaan dengan strategi bisnis. Ukuran perusahaan dan Reputasi KAP bisa menjadi sinyal bagi investor asing untuk mengambil keputusan investasi terkait dengan kinerja dan informasi yang terkait dengan perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]