URGENSI PERLINDUNGAN EKOSISTEM LAUT TERHADAP BAHAYA ILEGAL FISHING

Henry Arianto

Abstract


Abstract

Indonesia is famous for maritime countries because the ocean area is wider than the land as well as the wealth of natural resources, one of which is very abundant sea products. But in fact there are many destructions and violations of the environment in the marine ecosystem. The author on this occasion will discuss about How efforts are made to tackle the destruction of marine ecosystems? In making this writing, the author uses the method of writing normative or better known as library research term. With regard to these issues it is answered that the government has considered the direction of the necessary fisheries and marine development management policies to be directed to the people's welfare, employment creation and economic growth (increasing foreign exchange and national GDP donations). The government will also strengthen the legislation related to illegal fishing. Thus hopefully no more fishing in a way that can lead to coral reef damage where this affects the marine ecosystem.

 

Keywords: protection, marine ecosystem, illegal fishing

 

Abstrak

Indonesia terkenal dengan negara maritime karena wilayah lautannya lebih luas dari pada daratan serta kekayaan sumber daya alam, salah satunya hasil laut yang sangat melimpah. Namun kenyataanya banyak terjadi perusakan dan pelanggaran terhadap lingkungan hidup yang ada di ekosistem laut. Penulis pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kerusakan ekosistem laut? Dalam pembuatan penulisan ini, penulis menggunakan metode penulisan normative atau lebih dikenal dengan istilah library research. Terhadap permasalahan ini terjawab bahwa pemerintah telah memikirkan arah kebijakan pengelolaan pembangunan perikanan dan kelautan yang diperlukan harus diarahkan kepada kesejahteraan rakyat, penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi (peningkatan devisa dan sumbangan PDB Nasional). Pemerintah juga akan memperkuat peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan ilegal fishing. Dengan demikian semoga tidak ada lagi penangkapan ikan dengan cara yang dapat mengakibatkan rusaknya terumbu karang dimana hal ini berdampak pada ekosistem laut.

 

Kata kunci: perlindungan, ekosistem laut, illegal fishing


Full Text:

PDF

References


Anonym. (2012). Dampak Kerusakan Terumbu Karang http://hendraa.blogspot.com. Diaksespadatanggal 24 November2012; Indonesia.

Anonym. (2012). Upaya Penanggulangan Kerusakan Terumbu Karang http://sangsurya-wahana-blogspot.com. Diaksespadatanggal 24 November2012; Indonesia.

Dahuri R.et al. (2001). Kerusakan Ekosistem Laut. Gramedia; Jakarta

Hamid, (2007). Penangkapan Ikan dengan Menggunakan Bahan Peledak. Gramedia; Jakarta

Zuidam,(1985). Terumbu Karang Dan Fungsinya. Erlangga; Surabaya




DOI: https://doi.org/10.47007/lj.v14i3.2075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

    




Visitor Statistic