HARMONISASI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (ITE) TERHADAP UNDANG –UNDANG OTORITAS JASA KEUANGAN & PERPAJAKAN

Sidi Ahyar Wiraguna

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengkaji harmonisasi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) No. 11 Tahun 2008 yang telah diubah dengan UU No. 19 Tahun 2016, terhadap Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 21 Tahun 2011, dan peraturan perpajakan yang relevan di Indonesia. Harmonisasi ini bertujuan untuk mengatasi tumpang tindih regulasi dan memastikan kesesuaian hukum di era digital. Fokus utama penelitian adalah analisis terhadap pengaturan keamanan transaksi keuangan digital dan pengawasan OJK terhadap lembaga keuangan digital, serta dampaknya terhadap kepatuhan pajak dan penerimaan pajak. Metodologi yang digunakan adalah yuridis normative dengan pendekatan kualitatif, analisis dokumen dan studi literatur yang relevan. Penelitian ini menemukan bahwa harmonisasi efektif dalam meningkatkan keamanan transaksi keuangan digital, memperkuat peran OJK dalam pengawasan lembaga keuangan digital, dan berkontribusi pada peningkatan kepatuhan pajak dan efisiensi penerimaan pajak. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan untuk menjaga keseimbangan antara regulasi yang ketat dan promosi inovasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penyempurnaan kebijakan dan praktik yang lebih efektif di masa depan.

 

Kata kunci: Harmonisasi; Digital; Otoritas Jasa Keuangan; Perpajakan; Undang-Undang ITE.


References


Agus Faisol. I & Nusri Laepatra Chamalinda (2022). Studi Kualitatif Peran Tex Center Terhadap Kepatuhan Perpajakan Orang Pribadi Saat Implementasi Harmonisasi Peraturan Perpajakan Jurnal IKP, 3 (1).

fIRMANSYAH.r.a & wIJAYA .S (2022). Jurnal Pajak dan Keuangan Negara (PKN). Natura dan Kenikmatan Sebelum dan Sesudah UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan. 3 (2) hal.343-359.

Hassanah H, & Wahyudi, (2021). Jurnal Ilmiah Hukum. Prinsip-Prinsip yang harus dipertimbangkan Dalam Penyelesaian Sengketa Nama Domain Berdasarkan UU ITE. 12 (1). hal 43-58.

Nur Azizah W & Wijaya S. (2022). Jurnal Pajak Indonesia, Mekanisme Pengenaan PPN atas Penyerahan Kendaraan Bermotor bekas Sebelum dan Sesuadah Penerapan UU Harmonisasi Penerapam Perpajkan.

Riwanto A. (2016). Prosiding seminarNasional: Kesiapan Indonesia Dalam Penanggulangan Dan penegakan Hukum Kejahatan Global Berbasis Internet Berdasarkan UU ITE. hl. 573-592




DOI: https://doi.org/10.47007/lj.v21i1.7536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

    




Visitor Statistic