Perbedaan Prestasi Belajar Berdasarkan Energi Sarapan, Status Gizi (IMT/U), Tingkat Pendidikan Ibu dan Tingkat Pendapatan Keluarga di SD Negeri 40 Kecamatan Pontianak Utara Provinsi Kalimantan Barat

Septiana Maria Deba Ginting

Abstract


Abstract

Background: Breakfast provides energy intake by 20-25% of the amount of energy intake a day in order to concentrate on studying, in the long term can effect on learning achievement. Nutritional status, maternal education level, and family income level are factors also affect the learning achievement of children. Objective: Know the difference in learning achievement based energy breakfast, nutritional status (IMT/U), maternal education level, and family income level in elementary school students. Methods: 93 people were observed with cross-sectional design. Data collected was the average value of the test as a result of learning achievement, breakfast energy intake obtained through a 24-hour recall for 3 days, data mother’s education level and family income level is obtained through a questionnaire. Independent T-Test was used for statistical analysis. Result: Male gender of 47,3, female gender of 52,7%. Energy breakfast less 53,8%, adequate 46,2%. Nutritional status abnormal 16,1%, and normal 83,9%. Low maternal education 81,7%, higher 18,3%. Low family income 79,6% and higher 20,4%. Average of test scores is 55,26. There are differences in test scores of respondents with less and sufficient energy breakfast (p<0,05), there was no difference in test scores of respondent with normal nutritional status and abnormal (p≥0,05), there is a difference in test scores between children with low maternal education and higher (p<0,05), there is a difference in test scores between children with low family income and higher (p<0,05). Conclusion: School children need to familiarize the breakfast to be more

concentrated in the study.

 

Keywords: school children, energy breakfast, nutritional status

 

Abstrak

Latar Belakang: Sarapan memberikan asupan energi sejumlah 20-25% dari jumlah energi sehari agar mampu berkonsentrasi dalam belajar, dalam jangka panjang berpengaruh pada prestasi belajar. Status gizi, tingkat pendidikan ibu dan tingkat pendapatan orang tua merupakan faktor yang juga berpengaruh dalam prestasi belajar anak. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan hasil nilai belajar antara energy sarapan, status gizi (IMT/U), tingkat pendidikan ibu dan tingkat pendapatan keluarga pada siswa SD. Metode: Desain penelitian menggunakan desain survei observasional dan pendekatan cross-sectional, jumlah sampel 93 orang. Data yang dikumpulkan adalah nilai ujian, asupan energi sarapan, data tingkat pendidikan ibu dan pendapatan keluarga. Analisis statistik menggunakan uji T-Test Independent. Hasil Penelitian: Jenis kelamin laki-laki sebesar 47,3%, perempuan 52,7%. Energi sarapan kurang sebesar 53,8% dan cukup 46,2%. Status gizi tidak normal sebesar 16,1% dan normal 83,9%. Tingkat pendidikan ibu rendah sebesar 81,7% dan tinggi 18,3%. Tingkat pendapatan keluarga rendah sebesar 79,6% dan tinggi 20,4%. Rata-rata nilai ujian 55,26. Ada perbedaan nilai ujian berdasarkan energy sarapan kurang dan cukup (p<0,05), tidak ada perbedaan nilai ujian berdasarkan status gizi normal dan tidak normal (p≥0,05), ada perbedaan nilai ujian berdasarkan pendidikan ibu yang rendah dan tinggi (p<0,05), ada perbedaan nilai ujian berdasarkan pendapatan keluarga yang rendah dan tinggi (p<0,05). Kesimpulan: Anak sekolah perlu membiasakan sarapan agar lebih berkonsentrasi dalam belajar.

Kata kunci: anak SD, energi sarapan, status gizi


Full Text:

PDF

References


Acham, Hedwig, “Breakfast, midday meals and academic achievement in rural primary schools in Uganda: implications for education and school health policyâ€. diakses 28 November 2014; http://www.foodandnutritionresearch.net/index.php/fnr/article/view/11217/19733

Ali Zaidin, “PengantarKeperawatanKeluargaâ€, EGC, Jakarta, 2010

Almatsier, S., “Prinsip Dasar Ilmu Giziâ€, GramediaPustakaUtama, Jakarta, 2009

Ariesta, U. P., “Hubungan Kebiasaan Sarapan, Kebiasaan Jajan dan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar 11 Pagi Duri Kepa Jakarta Barat Tahun 2013â€, skripsi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas EsaUnggul, Jakarta, 2013

BadanLitbangKesehatan, Laporan Hasil Riset KesehatanDasar (Riskesdas) Indonesia Tahun 2013, DepartemenKesehatan RI, Jakarta, 2013

Bicer Ali, Mary M. Capraro, Robert M, Capraro, “The Effects of Parent’s SES and Education Level on Students’ Mathematics Achievement: Examining the Mediation Effects of Parental Expectations and Parental Communicationâ€, The Online Journal of New Horizons in Education, Volume 3, Issue 4, 1997

Budsiana, Yanida, “Hubungan Konsumsi Energi, Protein, FE, Status Gizi, Kadar Hemoglobin (HB) Dan Prestasi Belajar Santriwati Di Tsanawiyah Pondok Pesantren Babussalam Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Pontianak Tahun 2013†, skripsi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2013

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat FKM UI, Gizi Dan KesehatanMasyarakat, PT. Raja Grafindo Perkasa, Jakarta, 2007

Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat, “Pedoman Umum Gizi Seimbang (PanduanUntukPetugas)â€, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, 2002

Depdiknas, “UndangUndang SISDIKNAS (SistemPendidikanNasional) 2003: UU RI No.20 Tahun 2003â€, SinarGrafika, Jakarta, 2003

Dewi, A., “Hubungan Kebiasaan Sarapan Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V SDN Semanan 01 Pagi Kecamatan Kalideres Jakarta Baratâ€, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2008

Erman, Imelda, “Hubungan Status Gizi dan Jenis Kelamin Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SD Negeri 56 Kota Lubuk linggau Tahun 2013â€, laporan penelitian, Politeknik Kesehatan Palembang, Palembang, 2013

Ginting, Danti Rasnela, “Pengaruh tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjaheâ€, Jurnal Skripsi FakultasEkonomi, Universitas Negeri Medan, 2014

Hakim, T., “Belajar Secara Efektifâ€, Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, Jakarta, 2011

Hayatus, Rosita, dkk, “Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padang panjangâ€, artikel penelitian, 2014. http://jurnal.fk.unand.ac.id

http://dr-suparyanto.blogspot.com/2014/03/konsep-dasar-pendapatankeluarga

http://id.wikipedia.org/wiki/sekolah;2-12-2014 (diaksestanggal 20 Desember 2014)

http://www.academia.edu/3228634/PrestasiBelajaryangRendahDitinjaudariIntelegensidanAtribusiStudiKasusSiswaSD (diaksestanggal 2 Februari 2015)

Indah Nugraheni, “Siklus Akuntasiâ€, edisi 6, Kanisius, Yogyakarta, 2007

Jeynes, William H., “Parental Involvement and Student Achievement: A Meta-Analysisâ€, Harvard Family Research Project, 2005

Jus’at, Idrus, “Analisis Regresiâ€, Publikasi Ilmiah UEU, Jakarta, 2014

Khasanah, Nur, “Gambaran Penyelenggaraan Makanan Di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor Tahun 2010â€, Laporan Magang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2010

Khomsan, A., “Pangan Dan Gizi Untuk Kesehatanâ€, PT. Raja GrafindoPersada, Jakarta, 2004

Lamid, Astuti, dkk., “Status Gizi dan Kesehatan Murid di 4 SD Desa IDT Bengkulu Setelah 6 Bulan PMT-ASâ€, Penelitian Gizi dan Makanan, Volume 20, Puslitbang Gizi, Bogor, 1997

Lestari, Mona D., “Hubungan Sarapan Dan Produktivitas Kerja Karyawan Customer Relationship Management (CRM) Di PT Wyeth Indonesiaâ€, skripsi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2009

Muhilal, dkk., “Gizi Seimbang Untuk Anak Usia Sekolah Dasarâ€, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta, 2006

Nirwana, A., “ObesitasAnak Dan Pencegahannyaâ€, NuhaMedika, Yogyakarta, 2012

NS Gajre et al., “Breakfast Eating Habits And Its Influences On Attention-Concentration, Immediate Memory And School Achievementâ€, jurnal elektronik, diakses 29 Januari 2015

Ogunshola, F, et al., “International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences: The Effects Of Parental Socio-Economic Status On Academic Performance Of Students In Selected Schools In EduLga Of Kwara State Nigeriaâ€, Jurnal Elektronik, diakses 27 November 2014; http://www.hrmars.com/admin/pics/932.pdf

Pudjiadi, Solihin, “Ilmu Gizi Klinis pada Anakâ€, Edisi Keempat, FKUI, Jakarta, 2000

Puspitasary, Ika, “Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 dan 5 SD Santa Theresia Malalayangâ€, jurnal elektronik, diaksestanggal 20 Desember 2014

Riyadi, Sujono&Sukarmin, “Asuhan Keperawatan Pada Anakâ€, GrahaIlmu, Yogyakarta, 2009

Rodiyah, “Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Hasil Belajar Kompetensi Perawatan Kulit Wajah Bermasalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Padangâ€, skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Rias Dan Kecantikan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, Padang, 2013

Rosso, Joy Miller Del & Arlianti Rina, “Investasi Untuk Kesehatan Dan Gizi Di Sekolah Di Indonesiaâ€, buku elektronik, BEC-TF, 2009.Diakses 15 Desember 2014

Sarwono, Jonathan, “Statistik Terapan: Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasiâ€, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2012

Sediaoetama, A, D., “Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa Dan Profesiâ€, Jilid 1, Cetakan 10, Dian Rakyat, Jakarta, 2012

Sipayung, K. Hotma, “Hubungan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Di Kecamatan Tapian Dolokâ€, skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatra Utara, Medan, 2008

Soetjiningsih, “Tumbuh Kembang Anakâ€, EGC, Jakarta, 1998

Sugiyono, “Statistika Untuk Penelitianâ€, Alfabeta, Bandung, 2012

Sunarti, “Mengasuh Dengan Hatiâ€, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004

Suntari, Ni LuhPutu Y., “Hubungan Kalori Sarapan dengan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Sekolah Di SD Negeri 3 Canggu Tahun 2012â€, Laporan Penelitian Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali, 2012

Supariasa, I DewaNyoman, “Penilaian Status Giziâ€, EGC, Jakarta, 2002

Susan, “Hubungan Pengetahuan dan Sikap Sarapan Dengan Status Gizi pada Anak Sekolah Kelas 4 SD dan 5 Di SDN Kampung Besar 3 Dan SDN Pangkalan 1 Teluknaga Tangerangâ€, skripsi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2011

Syafrudin, “KebidananKomunitasâ€, EGC, Jakarta, 2009

T. Gilarso, “Pengantar Ilmu Ekonomi Mikroâ€, edisi 5, Kanisius, Yogyakarta, 2008

Utter, J, dkk., “At-home Breakfast Consumption Among New Zealand Children: Associations With Body Mass Index and Related Nutrition Behaviorâ€, Journal of the American Dietetic Association, 570-575, 2007

Wahab, Rochmat, “Ibu dan Pendidikanâ€, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lainlain/rochmat-wahab-mpd-ma-dr-prof/ibu-dan-pendidikan.pdf (diaksestanggal 2 Februari 2015)

Wong, D. L., “Buku Ajar Keperawatan Pediatrikâ€, EGC, Jakarta, 2009

Wulandari, Septi, “Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V A Di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013â€, skripsi, Fakultas Ilmu Tabiyah dan Keguruan Universitas Islam Sunan Kalijaga, 2014




DOI: https://doi.org/10.47007/nut.v7i1.1274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by
      

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta - Indonesia
(021) 567 4223 ext 266

View My Stats