PENGARUH PROGRAM PEMBELAJARAN KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN GIZI IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN

Sikmalani Sikmalani, Yulia Wahyuni

Abstract


Latar belakang Ibu hamil adalah salah satu kelompok yang rawan akan masalah gizi, status gizi ibu hamil merupakan hal yang sangat berpengaruh besar terhadap kesehatannya sendiri dan sebagai prediksi pregnancy outcome untuk ibu dan status gizi bayi baru lahir. Permasalahan gizi pada ibu hamil dapat diatasi dengan pemberian edukasi gizi terhadap ibu hamil sehingga dapat meningkatkan pengetahuan ibu mengenai gizi seimbang dan baik untuk kesehatan ibu dan janinnya sehingga perilaku ibu hamil berubah dan dapat memberikan perubahan pada pengetahuan dan berat badan pada ibu hamil.

Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui efektivitas program pembelajaran kelas ibu hamil terhadap pengetahuan gizi ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Ciputat Tangerang Selatan. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental, Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperiment one group pre-test-posttest. Desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pre-test (O), diberi treatment (X) dan diberi post-test.

Hasil Penelitian Hasil penelitian disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai skor pengetahuan gizi ibu hamil saat pretest dan posttest Hasil uji statistik didapatkan nilai P-value 0,001 < 0,05.

 

Kata Kunci : Kelas Ibu Hamil, Pengetahuan, Gizi Ibu Hamil,

 

 

 


References


Adisti Wulandari & Siti Zulaikah 2012. Perbandingan antara Hitung Trombosit dengan alat hitung automatis dan cara manual tidak langsung. Akademi Analis Kesehatan Malang

Darawati, Made. 2017. Ilmu Gizi dan Teori Aplikasi. Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta

Kemenkes R. Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Balita. 2014. p. Food and Nutrition Service. Nutrition educ.

LKIP Kota Tangerang Selatan Tahun 2017

Notoatmodjo S. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2017

Puspitasari L. Gambaran Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2017;1(2):1054–60.

Waryana. 2016. Promosi Kesehatan, Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta. Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.47007/nut.v14i2.5864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by
      

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta - Indonesia
(021) 567 4223 ext 266

View My Stats