Sikap Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe Terhadap Kadar Hb Ibu Hamil yang Berkunjung ke Puskesmas Kecamatan Palmerah Kota Administrasi Jakarta Barat

Sifik Sifik, Nanang Prayitno

Abstract


Abstract

Iron deficiency Anemia is one of the main problems in Indonesia where the death rate on pregnant women is still quite high. To overcome this problem the Indonesian goverment have been implementing a distribution of iron tablets to pregnant women since 1970.  The study was aimed to analyze the relationship between the attitude of compliance consumption of iron tablets and hemoglobin level in pregnant women at Puskesmas, Kecamatan Palmerah, Administration city of West Jakarta. The study population is pregnant women who visit the Puskesmas Kecamatan Palmerah. Whereas, the sample of this study is pregnant women who visiting the puskesmas, they got iron tablets, and in trimester II. This study used Pearson Product Moment Correlation to analyze the data. The study found that there was significant  relationship between the attitude of compliance consumption of iron tablets and hemoglobin level in pregnant women at Puskesmas, Kecamatan Palmerah, Administration city of West Jakarta. The study revealed that the consumption level of iron and Calcium are still below RDA. Therefore the counseling of anemia and iron tablets are still needed to improve their consumption.

Keywords: iron deficiency anemia, hemoglobin, iron tablets

 

Abstrak

Anemia Gizi Besi adalah salah satu masalah utama di Indonesia dimana terjadi paling tinggi pada Ibu hamil. Dalam megatasi masalah ini, di Indonesia telah dijalankan pemberian tablet besi yang di khususkan pada Ibu hamil sejak tahun 1970. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sikap kepatuhan terhadap konsumsi tablet besi dan kadar hemoglobin pada ibu hamil di Puskesmas, Kecamatan Palmerah, Kota administrasi, Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang mengunjungi Puskesmas Kecamatan Palmerah. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah ibu hamil yang mengunjungi Puskesmas, mereka mendapatkan tablet besi, dan ada pada trimester II. Penelitian ini menggunakan uji Pearson Product Moment untuk menganalisis data. Dari hasil uji ditemukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara sikap kepatuhan konsumsi tablet besi dengan kadar hemoglobin pada ibu hamil di Puskesmas Kecamatan Palmerah, Kota administrasi Jakarta Barat. Penelitian ini juga melihat bahwa konsumsi zat besi dan kalsium masih di bawah Angka Kecukupan Gizi. Oleh karenanya, penyuluhan tentang anemia dan zat besi masih diperlukan untuk meningkatkan konsumsi mereka.

Kata kunci: anemia, zat besi, hemoglobin


References


Achmat, D., Pembentukan Sel Darah Merah dan Mikro Elemen yang Esensial.,Jakarta, 1996.

Arief M, dkk, Kapita Selekta Kedokteran, Jakarta,Media Aesculapius, 2001.

Arisman, Gizi Dalam Daur Kehidupan, Jakarta, Buku Kedokteran, 2004.

Badan Pusat Statistik Kota Administrasi Jakarta Barat, Jakarta Barat dalam angka, Jakarta, BPS Jakarta Barat, 2009.

Demaeyer, E.M., Pencegahan dan Pengawasan Anemia Defisiensi Besi, Widia Medika, Jakarta, Pemberian Kesehatan Masyarakat, 1993.

Depkes RI, Pedoman Pemberian Tablet Zat Besi Bagi Petugas, Jakarta, 1986.

.

................., Perawatan Pemberian Kesehatan Masyarakat, Jakarta, 1998.

................., Pedoman Pemberian Tablet Zat Besi – Folat dan Sirup Bagi Petugas, Jakarta, 1999.

................., Survei Kesehatan Rumah Tangga, Jakarta, 2001.

................., Program Penanggulagan Anemi Gizi pada Wanita Usia Subur (WUS). Direktorat Bina Gizi Masyarakat, Jakarta, 2003.

.

................., Pedoman Pemberian Tablet Zat Besi – Folat dan Sirup Bagi Petugas, Jakarta,2004.

.

................., Angka Kematian Ibu. Jakarta, 2007.

Hartono, LW, dan Endang, Pengaruh Penambahan Sorbitol Terhadap Ketaaatan Konsumsi Pil Besi pada Ibu Hamil di Kecamatan Ngumplak Kabupaten Boyolali. Rumusan Hasil Penelitian Proyek CHN III Komponen Dikti, Jakarta, 2000.

Hidayat, W, Penelitian Pengembangan Program Penanggulanggan Anemia pada Ibu Hamil Melalui Suplementasi Besi Di Kabupaten Jember. Pusat Penelitian dan Pengembagan Pelayanan Kesehatan. Surabaya, 1994.

Khomsan, A., Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan, PT Raja Grafindo Persada. Jakarta, 2003.

Permaesih, Dewi, Susilowati Herman, Faktor-faktor yang mempengaruhi Amenia pada Remaja : Bulletin Penelitian Kesehatan 33(4): 162-171, 2005.

Persagi, Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga.Jakarta, Kompas, 2009.

Pusdiknakes, Asuhan Antenatal Buku 2, Jakarta, 2003.

Royston, Erica., Pencegahan Kematian Ibu dan Anak. Jakarta, Binarupa Aksara, 2005.

Sediaoetomo, A. D., , Ilmu Gizi, Dian Rakyat, Jakarta, 1996.

Siregar, A.M., Penanggulangan Anemia Gizi Besi Melalui Program Usaha Perbaikan Gizi Keluarga. (Laporan Ilmiah). FKM-USU, Medan, 2000.

Sugiyono, Statistik untuk penelitian, Alfabeta, Bandung, 2007.




DOI: https://doi.org/10.47007/nut.v2i2.673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by
      

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta - Indonesia
(021) 567 4223 ext 266

View My Stats