Citra Merek Tidak Memberikan Pengaruh Secara Langsung Terhdadap Niat Kunjungan Medis Saat Pandemik Covid 19 Di JABODETABEK

Fatia Anindita, Rina Anindita, Mus Aida

Abstract


Rumah sakit saat ini mengalami perubahan yang cukup pesat dan tantangan bagi rumah sakit untuk bersaing, baik dengan sesama pemberi pelayanan kesehatan di dalam negeri maupun luar negeri. Era globalisasi menyebabkan konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang pelayanan kesehatan dari luar negeri sehingga mereka mudah untuk membanding-bandingkan. Untuk itu, rumah sakit saat ini berlomba-lomba untuk mampu memasarkan diri sebagai upaya untuk memenangkan persaingan tersebut. Rumah Sakit juga dihadapkan oleh suatu kondisi luar biasa yaitu pandemik Covid-19 yang menyebabkan dampak negatif yaitu menurunnya angka kunjungan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh citra merek dan patient perceived value terhadap niat berkunjung ke rumah sakit dengan mediasi kepercayaan pasien saat kondisi pandemik Covid19. Penelitian ini dilakukan selama November 2020 hingga April 2021. Populasi penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi atau balita yang menggunakan rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan di daerah Jabodetabek. Jumlah sampel sebesar 91 orang dengan metode purposive sampling menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan path analysis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa citra merek, patient perceived value, kepercayaan pasien berpengaruh secara simultan terhadap niat berkunjung ke RS. Namun, temuan pada penelitian ini adalah citra merek dapat dimediasi oleh kepercayaan pasien untuk meningkatkan niat kunjungan medis ke RS, dimana data menunjukkan citra merek tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kunjungan medis. 


Keywords


citra merek, perceived value, kepercayaan pasien, niat kunjungan medis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]