Peranan Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Niat Beli Medical Check Up Kasus Di Indonesia

N Endah Hidayah Fitriyanti S

Abstract


Latar belakang : pendapatan rumah sakit secara praktisnya dipengaruhi dari seberapa besar jumlah kunjungan pasiennya . MCU ialah salah satu unit utama dari operasional rumah sakit karena menjadi pintu gerbang masuknya pasien ke rumah sakit. Menambah kapasitas fasilitas rumah sakit dan melakukan pemasaran adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk peningkatkan jumlah pasien.

Tujuan Penelitian : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap purchase intention medical check up dengan motivasi pembelian sebagai variabel mediasi.

Metode : penelitian ini menggunakan model korelasi multiple dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan proses pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert, selanjutnya dianalisis menggunakan three box method.

Hasil : dari hasil uji regresi linier berganda, diketahui bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh paling tinggi, sebesar 0,445 terhadap purchase intention. Bauran pemasaran, kualitas layanan dan motivasi pembelian secara simultan berpengaruh terhadap purchase intention, namun secara parsial motivasi pembelian tidak berpengaruh terhadap purchase intention.

Implikasi : penelitian ini telah menggambarkan bila rumah sakit melakukan perbaikan terhadap semua indikator di dalam bauran pemasaran dan kualitas layanan akan meningkatkan minat beli produk medical check up.


Keywords


marketing mix;service quality;motivation;purchase intention

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]