INTERVENSI MOTIVASI KERJA: HUBUNGAN KOMPETENSI DAN KEPATUHAN PADA STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN

Luciana Indah Permata Sari

Abstract


Penelitian ini dilandaskan pada masalah penurunan kunjungan pasien rawat jalan secara signifikan mulai dari tahun 2019 – 2021 yang diprediksi karena dinamika kualiats pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh kompetensi dan kepatuhan pada SPO terhadap kualitas pelayanan dengan motivasi kerja variabel intervening dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah perawat rawat jalan yang berjumlah 51 personil. Desain sampel menggunakan probability sampling dengan teknik sampel jenuh yang menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan dan parsial kompetensi dan kepatuhan pada SPO berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan kualitas pelayanan, serta motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sehingga motivasi kerja berperan positif memediasi hubungan kompetensi dan kepatuhan pada SPO dalam peningkatan kualitas pelayanan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan perawat sebagai dasar pencapaian tujuan organisasi, perlu dibangun sebuah dorongan yang berasal dalam diri perawat maupun dorongan dari organisasi sebagai sebuah dukungan organisasi yang membuat perawat merasa bergairah untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya, sehingga kompetensi yang dimiliki perawat dan kepatuhan perawat pada SPO, akan mampu mencapai efektivitasnya dalam peningkatan kualitas pelayaan perawat di instalasi rawat jalan


Keywords


Kompetensi, SPO, Motivasi kerja, Kualitas Pelayanan, Perawat

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]