Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Tentang Pengukuran

Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


The objective of the research is to determine the relationship betwen achievement motivation and self concept student with mathematic learning result. The study makes use of survey method which implements regression and multiple correlation technique. The research was conducted at SDN Jati 3 Pulo Asem dan SDN Jati 6 Perhubungan, kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur with n=57 using Cluster Sampling technique. The result of research show; there is a positive corelation betwen achievement motivation with mathematic learning result. Based on the result of research, the students mathematic learning result could be enhanced by increasing achievement motivation, since the result of verification simply be able to prove the achievement motivation to be significant determinant factors.

 

Key Words: Achievement Motivation, Mathematic Learning Result And Corelation

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan betwen motivasi berprestasi dan siswa konsep diri dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode survei yang mengimplementasikan regresi dan teknik korelasi berganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Jati 3 Pulo Asem Dan SDN Jati 6 Perhubungan, kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur dengan n = 57 dengan menggunakan teknik sampling Cluster. Hasil penelitian menunjukkan: ada korelasi positif betwen motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, hasil siswa belajar matematika dapat ditingkatkan dengan meningkatkan motivasi berprestasi, sejak hasil verifikasi hanya dapat membuktikan motivasi berprestasi menjadi faktor penentu yang signifikan.

 Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar Matematika, Korelasi, Prestasi


References


Dale, H. Schunk. (2012) Learning Theories an Education Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyanti dan Mudjiono. (2009) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan dan Rineka Cipta,.

Herbert, L. P.,Jhon, M. G. (2004) Motivation Theory, Research, and Applications. Belmont: Wadsworth Thomson Learning,

Jess, F., Gregory, J. F. (2006). Theories of Personality. New York: McGraw Hill.

Kadir. (2010) Statistika Untuk Penelitian Ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna,.

Lawrence, A. P, Daniel, C, and Oliver, P. J. (2005). Personality Theory and Research. New Jersey: John Wiley & Sons,

Soedijarto. (1984) Menuju Pendidikan yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: BP.

Suryabratha, Sumardi. (2004) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali,.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats