ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: ANALISIS BUKU TEKS PAI UNTUK SEKOLAH DASAR

Ainur Rosyid

Abstract


Abstract

This study grounded on the reality that many students do cheating during exams, and fighting among students. This is a descriptive qualitative research, with content analysis approach. The research aimed to examine the aspect of character education taught in Islamic Religion subject for elementary school. The book analyzed is electronic books published or posted on Department of National Education. The books have been chosen based on the best review by users. The research results that the most dominant aspect of character education in Islamic Religion subject for elementary school is religious aspect by 73%. The aspect of creativity is not taught in the subject.

Keywords: character education, Islamic religion subject

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa banyak pelajar melakukan kecurangan dengan mencontek saat ulangan, serta maraknya perkelahian antar pelajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek pendidikan karakter yang diajarkan dalam materi pelajaran PAI untuk sekolah dasar. Adapun buku yang dianalisis adalah buku PAI elektronik yang dipublikasikan oleh Kemendiknas. Buku yang dipilih adalah buku yang mendapat review paling baik dari pengguna buku elektronik sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aspek religius menjadi aspek paling dominan yang diajarkan dalam materi pelajaran PAI untuk sekolah dasar dengan 73%. Sedangkan aspek kreatif adalah aspek yang tidak diajarkan dalam materi pelajaran PAI di sekolah dasar.

Kata kunci: pendidikan karakter, materi pelajaran PAI untuk SD


References


Daftar Pustaka

Ahmad Tafsir, A. (2005) Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Marfu`, Perbedaan pendidikan karakter dengan pendidikan akhlak, pendidikan moral, dan pendidikan nilai, http:// risetpendidikangmarfu’.com, Diakses pada tanggal 12 Oktober 2012.

Santoso, I. Kamus Lengkap Praktis 950.000.000 Inggris-Indonesia dan Indonesia- Inggris, Surabaya: Fajar Mulya

UU RI Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas

Arifin, (2008). Ilmu Pendidikan Islam (Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisiplinier), Jakarta: Bumi Aksara

Mujib, A dan Jusuf Mudzakkir, (2006) Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media

Lickona, T. (1992) Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books

Albertus, D. K. (2010), Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT.Grasindo

Khan, Y. (2010) Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, Yogyakarta: Pelangi Publishing

Gunawan, H. (2012) Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta

Farhan, M. Pendidikan Karakter Vis-à-vis Pendidikan Akhlak, http://pendidikanfarhan.blogspot.com/. Diakses tanggal 23 November 2012.

UU RI Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Bandung: Citra Umbara

Megawangi, R. (2007) Semua Berakar Pada Karakter : Isu-Isu Permasalahan Bangsa, Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Koesoema, D.A. (2007) Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo

Siswanto, Perbedaan pendidikan karakter dengan pendidikan akhlak, pendidikan moral, dan pendidikan nilai, http:// siswantozheis.wordpress.com. Diakses tanggal 01 Desember 2012

Samani, Muchlas dan Hariyanto, (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachman, Taufik, Indonesia duduki Peringkat Empat Negara Terkorup di Asia, diakses tanggal 19 April 2012 dari http://www.republika.co.id

Soyomukti, N. 2010, Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jamil, Setahun Pendidikan Karakter, http://www.educare.co.id diakses 23 April 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats