HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA DI KOTA BIMA

Fadlin Fadlin

Abstract


Abstract

This study aims to (1) describe of achievement motivation of students class XI High School in Bima, (2) describe of the results studying physics students of class XI School in Bima, and (3) determine a positive relationship between achievement motivation and results studied physics students of class XI School in Bima. This type of research is ex-post facto nature of causality. The population in this study were students of class XI High School in Bima the academic year 2013/2014 were taken using cluster sampling, followed by proportionate stratified random sampling. The results of the study illustrate that; (1) Class XI student achievement motivation School in Bima, in the high category; (2) the results of learning physics class XI student high school in Bima, in the high category; and (3) there is a positive relationship between achievement motivation and physics learning outcomes of students class XI School in Bima.

 Keywords: achievement motivation, learning outcomes

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan gambaran motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima, (2) mendapatkan gambaran hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima, dan (3) mengetahui hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima tahun ajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan cluster sampling yang dilanjutkan dengan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) motivasi berprestasi siswa kelas XI SMA di Kota Bima, termasuk dalam kategori tinggi; (2) hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA di Kota Bima, termasuk dalam kategori tinggi; dan (3) terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima.

 Kata Kunci: motivasi berprestasi, hasil belajar


References


Daftar Pustaka

Djaali & Muljono.P. (2008).Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.

Dusalan. (2013). Kontribusi konsep diri dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi berprestasi siswa kelas X SMA di Kecamatan Sape Bima. Tesis [tidak diterbitkan]. PPs UNM

Dwija, W.I. (2008). Hubungan konsep diri, motivasi berprestasi, dan perhatian orang tua dengan hasil belajar sosiologi pada siswa kelas II sekolah menengah atas unggulan di Kota Amlapura (No.1 th.xxxxi januari 2008). Jurnal [diterbitkan]. Bali: Undiksha.

Fatchurrochman. R. (2011). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar, pelaksanaan prakerin dan pencapaian kompetensi mata pelajaran produksi tekhnik kendaraan ringan kelas XI SMA. Jurnal, 2(2). Universitas Pendidikan Indonesia.

Mualimin. (2013). Korelasi motivasi berprestasi dan minat berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa bidikmisi jurusan biologi FMIPA Unnes. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Purwanto. (2008). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pratowo. Y. B. (2010). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan sosial pada remaja kelas XI SMA Kristen 2 Surakarta. Skripsi, [diterbitkan]. Diakses dari http//www.myblog skripsi.com.

Thalib, S.B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta: Kencana.

Ulfa, T. (2012). Kontribusi konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar biologi siswa SMA di Makassar. Tesis, [tidak diterbitkan].

Uno, B. H. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v2i1.1543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats