MEMBANGUN PERADABAN DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Harlinda Syofyan

Abstract


Pendidikan karakter sebagai upaya yang sungguh-sungguh untuk membantu seseorang memahami, peduli dan bertindak dengan landasan nilai-nilai etis. Pendidikan karakter mengandung tiga unsur pokok, yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (desiring the good), dan melakukan kebaikan (doing the good). Tujuan pendidikan karakter memiliki fokus pada pengembangan potensi peserta didik secara keseluruhan, agar dapat menjadi individu yang siap menghadapi masa depan dan mampu survive mengatasi tantangan zaman yang dinamis dengan perilaku-perilaku yang terpuji. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, peran keluarga, sekolah dan komunitas sangat menentukan pembangunan karakter anak-anak untuk kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Untuk mengubah atau membentuk pribadi yang unggul dan berkarakter tidak dapat dicapai secara instan, tetapi memerlukan proses yang panjang. Penanaman nilai-nilai tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.Konsep pendidikan karakter pada kurikulum 2013 bisa dilihat dari penyusunan kompetensi inti yang kemudian menjadi acuan untuk membuat kompetensi dasar. Dari kompetensi inti tersebut bahwa kurikulum 2013 memang memberikan penekanan khusus pada pendidikan karakter

 

Kata Kunci : pendidikan,  karakter, kurikulum 2013


References


Abdul Majid, Dian andayani. 2010. Pedidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.

Dit PSMP Kemdiknas. 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajarandi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.

Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Zaman Modern, Jakarta: Grasindo.

Frye, Mike at all. (Ed.) 2002. Character Education: Informational Handbook and Guide for Support and Implementation of the Student Citizent Act of 2001. North Carolina: Public Schools of North Carolina.

Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung:Alfabeta.

http://aryforniawan.blogspot.com/2012/06/fungsi-dan-tujuan-pendidikan-karakter.html; diakses 11 Februari 2016, 17.30 WIB

Marimba. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif. .

Mulyasa, H.E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pusat Kurikulum Kemdiknas. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas.

Soedijarto. 2000. Pendidikan Nasional Sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan dan Membangun Peradaban Bangsa. Jakarta: Cinaps.

Sudirman N. 1987. Ilmu Pendidikan, (Bandung Remaja Rosdakarya.

UU RI 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan nasional Republik Indonesia, Jakarta: 2006.

Masnur Muslih. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta; Bumi Aksara

Mochtar Buchori, Character Building dan Pendidikan Kita, Kompas

Yahya Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing

Zainul Miftah. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling, Surabaya: Gena Pratama Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats