ERROR ANALYSIS OF TRANSFORMING DIRECT SPEECH INTO INDIRECT SPEECH IN NARRATIVE DIALOGUES AT THE SECOND YEAR CLASSES OF ENGLISH DEPARTMENT

Elyza Martiarini, Risa Mufliharsi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan beserta persentasenya, dan juga persentase dari tiap jenis kesalahan yang dilakukan dalam mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung berdasarkan dialog naratif, yang diujikan pada mahasiswa tingkat II jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Indraprasta PGRI. Total subjek penelitian adalah 90 mahasiswa.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif – kualitatif. Dari penelitian ini ditemukan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa dalam mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung adalah kesalahan “misformation” dengan total kesalahan 317 dari keseluruhan 599 kesalahan atau sebesar 52,92%. Jenis kesalahan lain yang ditemukan adalah “omission” dengan total kesalahan 145 atau 24,21% dari total, “addition” sebanyak 135 kesalahan atau 22,54% dari total dan “misordering” sebanyak 2 kesalahan atau 0,33% dari total.  Kesalahan terbanyak yaitu “misformation” paling banyak ditemukan dari kesalahan bentuk kata kerja yang digunakan dalam mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung.

 


References


Ahmad, Sri Wintala. 2015. Buku Induk Mahir Bahasa dan Sastra Indonesia, Pedoman Praktis Menulis dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.

Azar, Betty Schrampfer. 2002. Understanding and Using English Grammar, Third Edition with Answer Key. New York: Longman.

Dardjis, Desmal, dkk. 2015. Let’s Learn English SMA/MA Grade XI. Jakarta: PT BumiAksara.

Rod, Ellis. 2003. The Study of Second Language Acquisition, Ninth Impression. Oxford: Oxford University Press.

James, Peter. 2006. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis.

Keraf, Gorys. 2003. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats