MENGUKUR KETERUKURAN VARIABEL BEBAS DALAM PENELITIAN QUASI-EKSPERIMEN

Nuryansyah Adijaya

Abstract


Menentukan varibel bebas yang digunakan dalam penelitian, terutama jenis penelitian quasi-eksperiment sangat penting untuk menghasilkan penelitian yang diharapkan. Tetapi banyak peneliti mengalami kesulitan untuk menentukan variabel bebas yang akan digunakan dalam penelitian quasi-eksperiment. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penelitian quasi-eksperiment yang dilakukan oleh empat orang dosen dan empat orang mahasiswa. Data didapat dari journal dan Skripsi mahasiswa. Data dikategorikan berdasarkan tiga kategori; bersifat umum varibel bebas, spesifikasi varibel bebas, dan korelasi antara variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini menggunakan kualitatif konten analisis. Berdasarkan dari data yang telah dianalisis didapatkan hasil bahwa spesifikasi variabel bebas menjadi masalah bagi seluruh peneliti yang dijadikan data, korelasi bebas menempati tempat kedua dengan dua peneliti mengalami masalah, serta bersifat umum menempati urutan ketiga dengan hanya satu peneliti yang mengalami masalah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa banyak peneliti yang mengalami masalah dalam menentukan variabel bebas dalam penelitian quasi-eksperiment.

 

Kata Kunci: variabel bebas, penelitian quasi eksperimen, tulisan ilmiah


References


Ary, Donald., Lucy, C.J., Chris. S.,Ashar. R. (2010). Introduction to Research in Education. USA: Wadsworth

Bailey, Stephen. 2011. Academic Writing: A Handbook for International Students. Oxon: Routledge

Creswell, J. W. (2012).Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4thed). Boston: Pearson Education Inc

Dirjen Dikti. (2010). Pedoman Beban kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Tinggi

Graneheim, U.H. and Lundman, B. 2004.Qualitative content Analysis in Nursing Research: Concepts, Procedures, and Measures to Achieve Trustworthiness. Retrieved November 11, 2012 from http://intraserver.nurse.cmu.ac.th/mis/download/course/lec_566823_Graneheim%20-%20Jan%2025.pdf

McMillan, James H and John F. Wergin. (2010). Understanding and Evaluating Educational Research (4thed). New Jersey: Pearson Education Inc.

Moberg, D.O. (2010). Spirituality Reserach: measuring the Immeasurable? Retrieve from http://www.asa3.org/ASA/PSCF/2010/PSCF6-10Moberg.pdf

Neuendorf, Kimberly, A. 2002. The Content Analysis: Guidebook. USA: Sage Publications.

Krippendorf, Klaus. 2004. Content Analysis. An Introduction to Its Methodology. Sage.Publlications: London




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v2i02.1828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats