POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

Reza Rachmadtullah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasaan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar penelitian ini dilakukan di kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat sampel 20 orang tua siswa dan 20 siswa kelas awal Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dan desain cross Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua sebagian besar adalah pola asuh demokratis yaitu sejumlah 12 responden (60%), kecerdasan sosial siswa kelas awal sekolah dasar sebagian besar adalah baik sejumlah 10 responden (50%) dan Perhitungan Korelasi Kendall's tau pola asuh orang tua dengan kecerdasaan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar sebesar (r1.2) = 0,787 dengan nilai signifikansi p-value 0.000 (<0.05) pada uji kendall's Tau. Jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan kecerdasaan siswa kelas awal Sekolah Dasar dan semakin baik pola asuh orang tua yang diterapkan maka kecerdasan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar semakin baik.

 

Kata Kunci  :   Pola asuh orangtua, kecerdasaan sosial, sekolah dasar

References


Albrecht, Karl.2006 Social Intelligence: The New Science of Success. San Fransisco: Jossey-Bass.

Badingah, S. 1993. Agresivitas Remaja Kaitannya dengan Pola Asuh, Tingkah Laku Agresif Orang Tua dan Kegemaran Menonoton Film Keras. Program Studi Psikologi – Pascasarjana, UI. Depok.

Daniel Goleman,2006. Social Intelligence: The New Science of Human Relationships. New York: A Bantam Book.

Devi Cici. 2012. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Sosial Pada Siswa Kelas VI SD Jatimulyo 0I.Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Edward Thorndike di kutip dalam buku elektronikhttps://books.google.com/books?isbn=9792229264

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Elisabeth B Hurlock. 1999. Psikologi perkembangan Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Elisabeth B Hurlock,. 2006. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak: Jakarta: Penerbit Erlangga.

Makmun (1995) Perkembangan Anak. Bandung Remaja Rosdakarya

Munib, Achmad. Dkk. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Ennes Press

Munif Chatib ,2011, Sekolahnya Manuia,Bandung Mizan Media Utama

Najib Sulhan, 2011, Anakku Penyejuk Jiwaku (Pola Pengasuhan Islam untuk membangun Karakter positif anak) Bandung : Mizan Media Utama

Norman D. Livergood, “Social Intelligence: A New Definition of Human Intelligenceâ€, p. 2, 2008 http://www.herness-press.com/socint4.htm(diakses,13 Desember 2016).

Notoatmodjo,S.2002, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta

R.J. Herrnstein, 1973. I.Q. in the Meritocracy. Boston: Atlantic Monthly Press

Sarlito Wirawan. (2010). Pola Asuh (www.sarlito.net.ms)

Sekar Purbarini Kawuryan Karakteristik Siswa Sd Kelas Rendah Dan Pembelajarannya http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Tmp/KARAKTERISTIK%20DAN%20CARA%20BELAJAR%20SISWA%20SD%20KELAS%20RENDAH.pdf. diakses 2 Desember 2016

Siti Anisa. 2005. Kontribusi Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian. lib.unnes.ac.id/3439/1/1314000030.pdf di akses pada tanggal 4 desember 2016




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v2i02.1829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats