ANALISIS GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Harlinda Syofyan

Abstract


Abstract

This study aims to determine the results of student learning style analysis and achievement motivation in science learning activities are expected to improve science learning outcomes. Because the appropriate learning style is the key to one's success in learning. Therefore, in the learning activities, students need to be helped and directed to recognize learning styles that are appropriate to themselves so that the learning objectives can be achieved effectively. Seedangkan motivation is the most important thing in improving the quality of students observed from the learning process activities that can be said as the overall power of pengerak within the self that leads to learning activities that ensure continuity of learning activities and that gives direction to learning activities, so that the desired goal by the subject learning can be achieved. This research method uses survey method to capture data from research sample. The result of the research shows the influence of the learning style with the motivation to the students' science learning outcomes.

 

Keywords: learning style, achievement motivation, learning outcomes

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis gaya belajar mahasiswa dan motivasi berprestasi dalam kegiatan pembelajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Karna gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan seseorang dalam belajar. Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar, siswa sangat perlu dibantu dan diarahkan untuk mengenali gaya belajar yang sesuai dengan dirinya sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Seadangkan motivasi merupakan hal terpenting dalam meningkatkan kualitas siswa yang diamati dari kegiatan proses pembelajaran yang dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya pengerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar dapat tercapai. Metode penelitian ini menggunakan metode survey untuk menjaring data dari sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari gaya belajar dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA mahasiswa.

 

Kata kunci : gaya belajar, motivasi berprestasi, hasil belajar


References


Daftar Pustaka

Adi. W Gunawan. (2006). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta. Hal 139-140.

Benjamin S Bloom, (ed). (1996). Taxonomy of Educational objection, Handbook I: Cognitive Domain, New York:, p.7.

Gaiger. (1992). Learning Style of Student and Instructor : on Analysis of Course Perfomance and Satisfaction. The Accounting Education Journal.

Gordon Dryden dan Jeannette Vos. (2000). Revolusi Cara Belajar The Leraning Revolution. Bandung: kaifa. Hal. 131.

Hamzah. B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara., hlm.9. http://duniabaca.com/pengertian-belajar-dan-hasil-belajar.html (diakses, Januari 2011, 8.20 p.m)

I. M. A Mariana, (1995). Hakikat Pendekatan Science, Technology, and Society. Jakarta: Direktorat Pendidikan Guru dan Teknis, Depdikbud. p.15.

M. Ngalim Purwanto. (2001). Prinsip-prinsip dan Teknik Evasluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rasdakarya. hlm. 33-35.

Maslichah Asyary. (2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi masyarakat: Dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, p 12.

Muhibbin S yah. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakar ya. hlm. 132.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru Bandung: Rosdakarya. hlm.140.

Nana S yaodih Sukmadinata. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan; PT Remaja Rosdakarya. hlm.102.

Nana Sudjana. (1996). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensido. hlm. 5.

Nana Sudjana. (1990). Teori-teori Belajar untuk Pengajaran, Jakarta: FE UI. hlm. 3.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hlm.103.

Sandra E. Cain and Jack M. Evans, (1990). Scienceing: A Involvement Approach to Elemnentary Science Methods. Columbus: Merrill Publishing Company. p.4.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi, Jakarta: RinekaCipta. hlm. 54-71.

Suprayekti. (2003). Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Dikdasmen, Depdiknas. hlm.4.

Syofyan, Harlinda. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Resitasi Di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta ( PPs UNJ). hlm. 8.

T. Sarkim. (1998). â€Humaniora dan Pembelajaran Sains†dalam Sumaji dkk, Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.

Tanta, Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum, Universitas Cendrawasih, Jurnal Kependidikan.

Wasty Sumanto. (1990). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 107.

Pujiningsih, S. (2007). Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa Akuntansi FE-UM.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v3i2.2506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats