ANALISIS PARAGRAF PADA LAPORAN PERJALANAN SISWA KELAS VIII SMPN 13 KOTA TANGERANG

Ezik Firman Syah

Abstract


Abstract

This study examines paragraph analysis on student travel reports such as traveling in Borobudur Temple, Class VIII, SMPN 13 Tangerang City. This study focuses only on paragraphs that include elements of paragraph formulation, paragraph requirements, and paragraph development. Paragraphs are a systematic logical set of sentences that are a unity of relevant expression of mind and support the underlying mind in the whole essay. Writing travel reports means conveying a story about events or things to others. The method used in this study is a qualitative descriptive method with conceptual or content analysis. Descriptive research is a research that attempts to describe a symptom, event, event that occurred at the present time. In other words, descriptive research takes issue or focuses on actual problems as it is at the time of the study. Data collection techniques use documentation and observation. The data analysis technique uses the percentage deduction.

 

Keywords: paragraphs, travel reports, language

 

Abstrak

Penelitian ini mengkaji analisis paragraf pada laporan perjalanan siswa seperti perjalanan di Candi Borobudur Kelas VIII SMPN 13 Kota Tangerang. Penelitian ini hanya difokuskan pada paragraf yang meliputi unsur-unsur pembentuk paragraf, syarat-syarat paragraf, dan pengembangan paragraf. Paragraf adalah seperangkat kalimat tersusun logis sistematis yang merupakan satu kesatuan ekspresi pikiran yang relevan dan mendukung pikiran pokok yang tersirat dalam keseluruhan karangan. Menulis laporan perjalanan berarti menyampaikan suatu karangan mengenai peristiwa atau hal kepada pihak lain Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis konsep atau isi. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan perkataan lain, penelitian deskripsi mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik penganalisisan data menggunakan penarikan simpulan persentase.

 

Kata kunci : paragraf, laporan perjalanan, bahasa


References


Daftar Pustaka

Akhaidah, S., Arsjad, M.G., dan Ridwan. (2010). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alek dan Achmad, H.P. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Arifin, E. Z dan Tasai, S.A. (2012). Bahasa Indonesia Sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Finoza, Lamuddin. (2010). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Gunawan dan Budiharjo,S. (2008). Berlatih Menyusun Paragraf. Depok: Arya Duta.

Laksono, K., Parmin, J., dan Tasai, S.A. (2008). Penyuntingan.Jakarta: Univesitas Terbuka.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono,Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widjono, Hs. (2012). Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tiinggi. Jakarta: Grasindo.

Wirajaya, Asep Yudha dan Sudarmawarti. (2008). Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta:Arya Duta.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v4i1.2509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats