PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV A SDN KEBON JERUK 11 JAKARTA

Dhania Nur, Endang M. Kurnianti

Abstract


Abstract

This research aims to: (1) improve communication skills in verbal and nonverbal aspects of students in learning indonesian class IV A SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta, (2) Using role palying method in learning indonesian language to improve communication skill of students of grade IV A SDN Kebon Jeruk Jakarta. The method used in this research is classroom action research method (PTK). The subjects of the study were the students of grade IV A SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta, amounting to 32 students. The object of research is communication skills. Data collection methods used are observation, documentation and field notes. Data analysis techniques used are descriptive qyalitative and descriptive quantitative.The results showed that communication skills improved.(1) percentage value of students communication skills at the end of cycle I of 53,125% or as many as 17 students got the value ≥ 80, (2) the percentage of students communication skills score at the end of cycle II is 68,75% or as many as 22 students get score ≥ 80, (3) the percentage of  students communication skill value at the end of cycle III is 84,375% or as many as 27 students get ≥ 80.

                                                                                                                     

Keywords: Communication skills, role palying methods, indonesian

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam aspek verbal dan nonverbal siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV A SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta, (2) Menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia agar dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas IV A SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berkomunikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam berkomunikasi mengalami peningkatan. (1) Presentase nilai keterampilan berkomunikasi siswa pada akhir siklus I sebesar 53,125% atau sebanyak 17 siswa mendapat nilai ≥ 80, (2) Presentase nilai keterampilan berkomunikasi siswa pada akhir siklus II sebesar 68,75% atau sebanyak 22 siswa mendapat nilai ≥ 80, (3) Presentase nilai keterampilan berkomunikasi siswa pada akhir siklus III sebesar 84,375% atau sebanyak 27 siswa mendapat nilai ≥ 80.

 

Kata kunci: Keterampilan berkomunikasi, metode bermain peran, bahasa Indonesia


References


Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Barsandji, Saharudin, dkk. (2015). Penerapan Metode Bermain Peran Pada Materi Drama Anak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Gio.Journal Kreatif Tadulako Online, Volume. 4, No. 5, ISSN 2354-614X.

Effendy, Uchjana Onong. (2007). Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: CitraAditya Bakti.

Daryanto. (2013).Ilmu Komunikasi. Malang: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isnani. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negri 2 Wates. Skripsi di akses pada tanggal 4 Januari 2017 Pukul 08:30 dari http://eprints.uny.ac.id/16267/2/Skripsi%20Isnani%2009108244088.pdf.

Ismiasih, Lia. (2016). Efektivitas Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMA Muhammadiyah Pakem Sleman.Artikel Jurnal di akses pada tanggal 7 Februari 2017 Pukul 14:15 darihttp://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:h_fEEbVyufIJ:journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/download/1081/962+&cd=1&hl=en&ct=clnk&client=firefox-b-ab.

Justisiani, Indah Eka. (2014). Persepsi Masyarakat Tentang Bentuk Komunikasi Verbal Dan Komunikasi Nonverbal Pada Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahrane Samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi, 2014,2 (3): 193-206 ISSN 0000-0000.

Mardiah, Siti Hasnatul. (2015). Implementasi Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa.Skripsi di akses tanggal 16 Januari 2017 Pukul 11:54 dari

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29112/1/SITI%20HASANATUL%20MARDIAH%20-%20NIM%20109011000120%20(watermark).pdf.

Mulyati, Tita, dkk. (2013). Efektivitas Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.Skripsidi akses tanggal 4 Januari 2017 Pukul 11:56 darihttps://www.google.com/search?q=jurnal+skripsi+tentang+efektivitas+metode+bermain+peran+terhadap+peningkatan+kemampuan+konsep+matematika+anak+usia+dini+di+taman+kanak+kanak+oleh+adawiah+maima%2C+edi+rohendi+dan+tita+mulyati&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab#.

Priansa, Juni Donni. (2014). Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: ALFABETA.

Riyanti, Dwi. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pop Up Pada Siswa Kelas II SD N Widoro Kecamatan Pengasih. Skripsi di akses tanggal 19 Februari 2017 Pukul 20:18 dari http://eprints.uny.ac.id/23985/1/SKRIPSI.pd

Sari, Hesti Ratna. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama Siswa Kelas V B Negri Keputran 1 Yogyakarta.

Skripsi di akses tanggal 3 Februari 2017 Pukul 17:55 dari

http://eprints.uny.ac.id/15738/1/SKRIPSI%20HESTI%20RATNA%20SARI%2009108241033.pdf

Sani, Berlin & Kurniasih Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Tarigan, Guntur Henry. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widiartini, K, dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Sikap Sosial Dan Kemampuan Berbicar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 29 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2014/2016. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program.Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Volume. 5, No. 1, 4-5.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v5i1.2830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats