KEMAMPUAN LITERASI PROSA ANAK PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DKI JAKARTA

Mas Roro Diah Wahyu Lestari, Nidar Yusuf

Abstract


Pada awal tahun 2020 seiring dengan meningkatnya wabah Virus Covid 19 pemerintah Indonesia memberlakukan belajar di rumah bagi seluruh siswa sekolah. Semua kegiatan sekolah melalui daring. Media yang digunakan adalah Hand phone, laptop dan computer. Pertemuan tatap muka antara guru dan siswa di lakukan di dunia maya. Berbagai hambatan yang dialami selama Pembelajaran Jarak Jauh termasuk pembelajaran pengembangan literasi anak khususnya kemampuan literasi prosa anak sekolah dasar. Penelitian ini meneliti tentang kemampuan siswa SD terhadap  literasi prosa. Penelitian ini termasuk penelitian primer dan diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui gambaran mengenai nilai prestasi literasi prosa anak kelas 3 yang mengalami belajar di rumah selama epidemi Covid 19 yang telah berlangsung hampir satu setengah tahun . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata  literasi prosa pada anak kelas 3 Sekolah Dasar di DKI Jakarta masih di bawah rerata rentang kecukupan kemampuan berbahasa di SD di angka 70. Berdasarkan data sebelumnya dapat dilaporkan bahwa  kemampuan rata-rata literasi prosa SD di DKI Jakarta adalah 68.  Kemampuan siswa kelas 3 SD di DKI Jakarta dalam   menganalisis bacaan prosa anak  memiliki kemampuan nilai rata-rata 61. Sedangkan kemampuan  siswa kelas 3  SD menganalisis menulis prosa anak se DKI Jakarta memilki kemampuan rata-rata 47.

 

Kata kunci : Epidemi Virus Covid 19 di DKI Jakrta,  Literasi, Prosa, Kelas 3 Sekolah Dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v7i02.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats