Menjelajahi Tiga Strategi Utama dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kebhinekaan Global Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Nurul Zahra, Nadiroh Nadiroh, Fauzi Abdillah

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to describe the strategies used by teachers to instill global diversity values in the subject of Civic Education (PPKn). This research adopts a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques used include interviews, observations, and documentation. The informants in this study are Civic Education teachers, principals, students, and teacher trainers. The study findings reveal that strategies for instilling global diversity values in Civic Education involve three components: organizational strategies, delivery strategies, and learning management strategies.

 

Keywords: Instilling Strategy, Global Diversity Values, Civic Education

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru untuk menanamkan nilai kebhinekaan global dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini adalah Guru PPKn, Kepala Sekolah, Siswa dan Pelatih guru penggerak. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu strategi penanaman nilai kebhinekaan global pada mata pelajaran PPKn dilakukan melalui tiga komponen strategi yaitu strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengelolaan pembelajaran.

 

Kata kunci : Strategi Penanaman, Nilai Kebhinnekaan Global, PPKn

References


Abidin, W., Kabakoran, A., & Ernas , S. (2017). Pengantar Multikultural. Ambon: IAIN Ambon Press.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Peradna Mulya Sarana.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. (2017). Pendidikan Kebhinekaan pada Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.

Balitbang Kemendikbud. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Edisi 1. Jakarta: Kemendikbud.

Barorina, Z. (2021). Konseptual implikasi Profil Pelajar Pancasila (Studi kasus di MI Al - Kautsar Durisowo Ponorogo dan SDN 1 Nologaten Ponorogo). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Guritno, T. (2021). Riset Setara Institute: Intoleransi atas Kebebasan Beragama-Berkeyakinan Paling Banyak Terjadi pada 2020. Jakarta: Kompas.com.

Harapah, K. T. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Kemendikbud. (2017). Pendidikan Multikultural di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kiki, S. (2020, Agustus 10). Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning. Retrieved Juni 7, 2022, from Kanwil Kemenag Prov. Kep. Bangka Belitung: https://babel.kemenag.go.id/id/opini/599/MODEL-PEMBELAJARAN-CONTEXTUAL-THEACING-LEARNING-CTL

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran, Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Ma-deeyoh, A. (2018). Strategi Penyampaian Isi Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di Sampan Witya Cho-I-Rong Thailand. Palangkaraya: Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.

Mahmudi. (2017). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta Bandung.

Moeis, I. (2014). Pendidikan Multikultural Transformatif (Integrasi Moral, Dialogis, dan Adil). Padang: UNP Press.

Mu'awanah. (2011). Strategi Pembelajaran Pedoman Guru dan Calon Guru. Kediri: Stain Kediri Press.

OECD. (2018). Preparing our youth for an inclusive and sustainable world . The OECD PIS global competence framework.

Panggabean, S. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sadjim. (2017). Pentingnya Konsepsi Pendidikan Multikultural di Sekolah Pasca Konflik Sosial di Ternate. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1-11.

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmawati, F. (2021). Media Pembelajaran . Klaten: Tahta Media Group.

Suminar. (2017, Agustus 20). Efektivitas Pembiasaan Menyanyikan Lagu Nasional dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Sikap Nasionalisme Soswa SMA Negeri 8 Kota Malang. Retrieved from Indonesia one search by perpusnas: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PPKN/article/view/57365

Uchrowi, Z., & Ruslinawati. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ulfa, M. (2021, Juli 27). Penyebab dan Akibat Konflik dalam Keberagaman Masyarakat




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats