IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI UPAYA PREVENTIF DALAM MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SMK GRAHA MADINA

Cahyane Awan Inspirawitdya, Meidi Saputra, Meidi Saputra, Meidi Saputra, Meidi Saputra, Meidi Saputra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya preventif dalam mencegah perundungan di SMK Graha Madina. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya preventif dalam mencegah perundungan di SMK Graha Madina dilakukan dengan cara menjalankan program dari kurikulum merdeka yaitu proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan memilih tema yang sesuai dengan permasalahan di sekolah masing-masing. Adapun pelaksanaan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Graha Madina meliputi: adanya fasililator dalam menjalankan P5, penyusunan alokasi waktu, dan penutupan kegiatan dengan merancang perayaan belajar. Kemudian pihak sekolah juga mengkombinasikan proyek Profil Pelajar Pancasila dengan menjalankan program Roots UNICEF. Kegiatan Roots yang dijalankan di SMK Graha Madina yaitu: pemilihan agen perundungan untuk mengembalikan iklim lingkungan yang positif, melakukan sosialisasi mengenai perundungan dan pembuatan film sebagai sarana edukasi warga sekolah seputar perundungan. Terlaksanya proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya preventif dalam mencegah perundungan program karena adanya pendanaan pemerintah dan kekompakkan dari guru yang berpartisipasi dalam program tersebut. Meskipun pelaksanaannya berjalan lancar masih terdapat kendala diantaranya adalah minimnya informasi, keterbatasan waktu yang disebabkan kurangnya tenaga guru dan kurangnya fasilitas dalam melaksanakan program. 

Kata Kunci: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Preventif, Perundungan, Roots




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats