Peran Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kedisiplinan Siswa-Siswi Menggunakan Model VCT

Anggela Indrawati Bere, Andri Fransiskus Gultom, Iskandar Ladamay

Abstract


Melalui pendidikan, potensi atau kualitas diri seseorang dapat ditingkatkan secara signifikan. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan bertujuaan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila pada perilaku peserta didik agar tumbuh menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri, dan memiliki disiplin yang baik sehingga menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Penelitian ini bertujuaan untuk Memerinci proses peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila terhadap kedisiplinan siswa-siswi. dengan Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukan  bahwa tanggung  jawab guru PPKn lebih dari sekedar memberikan pengetahuaan kepada siswa-siswi, mereka juga termasuk membimbing, menginspirasi, dan mengevaluasi  siswa-siswi. karena pentingnya peran guru proses belajar mengajar maka guru menyempurnakan informasi  yang di ajakan agar siswa dapat menyerapnya secara maksimal. Peran guru mencakup lebih dari sekedar memberikan pengetahuaan, itu juga melibatkan pemodelan perilaku yang tepat dan menjaga disiplin sehingga kepribadian siswa dapat berubah secara signifikan. Dengan begitu peran guru itu sangat penting karena dengan begitu bisa dapat membawa perubahan dan perilaku siswa-siswi menuju kearah yang positif.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats