Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan RS X Dalam Masa Pandemik Covid-19
Abstract
Per tanggal 24 Mei 2021 diketahui terdapat 1.781.127 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Kondisi pandemik ini menyebabkan aktivitas masyarakat, termasuk melakukan kunjungan ke rumah sakit (RS), menjadi terbatas. Studi ini ingin melihat pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan ulang, dengan citra rumah sakit sebagai variabel intervening di masa pandemik. Penelitian ini dilakukan di RS umum swasta (RS X) yang terletak di Medan, Sumatera Utara pada bulan September – Oktober 2021. Populasi penelitian sebanyak 200 sampel, merupakan pasien rawat jalan RS X. Desain penelitian adalah kausal menggunakan VB SEM berbasis varian yakni PLS (Partial Least Square), data diperoleh melalui kuesioner fisik dan daring. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pasien rawat jalan di RS X mayoritas adalah perempuan yaitu sebanyak 112 orang (56%). Rentang populasi usia terbesar adalah 35 – 49 tahun (38,5%). Ditemukan keandalan dan jaminan memiliki pengaruh positif terhadap minat kunjungan ulang dimasa pandemik (t-statistik 2.561 dan 570.805). Ketanggapan, wujud dan empati tidak memiliki pengaruh terhadap minat kunjungan ulang dimasa pandemik (t-statistik 0.867, 0.712 dan 0.637). Dari penelitian ini ditemukan citra RS X dimasa pandemik ikut memengaruhi dimensi keandalan dan jaminan dari kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan ulang. Kata Kunci: COVID-19, kualitas, citra RS, minat kunjungan ulang
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47007/johm.v5i01.5332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
View My Stats