Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Penerapan Penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X

Mariza Gebriila

Abstract


Latar belakang : Keunggulan penggunaan teknologi informasi pada rekam medis elektronik antara lain   peningkatan efisiensi pencatatan dan pengolahan data, serta informasi yang lebih akurat dan terpercaya, dengan tujuan untuk mengurangi kesalahan medis dan meningkatkan keselamatan pasien, untuk menentukan sejauh mana individu bersedia menggunakan Rekam Medis Elektronik, diperlukan penelitian untuk menguji niat menggunakan Rekam Medis Elektronik. Tujuan penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X.

Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 130 orang perawat  yang menggunakan Rekam Medis Elektronik di RSIA X. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 orang perawat  yang menggunakan Rekam Medis Elektronik di RSIA X. Data kemudian dianalisis menggunakan Uji t, uji f dan juga koefisien determinasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X P < 0,05, secara parsial ada pengaruh persepsi manfaat terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X P < 0,05, ada pengaruh kemudahan penggunaan terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X P < 0,05, tidak ada pengaruh kepercayaan terhadap penerapan penggunaan Rekam Medis Elektronik di RSIA X P > 0,05.


Keywords


Persepsi manfaat, Kemudahan, Kepercayaan, Penggunaan RME

References


An, M. H., You, S. C., Park, R. W., & Lee, S. (2021). Using an extended Technology Acceptance Model to understand the factors influencing telehealth utilization after flattening the Covid-19 curve in South Korea: cross-sectional survey study. JMIR Med Inform, 9(1), 1-15.




DOI: https://doi.org/10.47007/johm.v7i02.8383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

Web Analytics View My Stats