IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Harlinda Sofyan

Abstract


Abstract

Many students still do not realize and understand their own learning style, so that the study about is necessary to be conducted to students of PGSD. The study aimed to describe the learning styles of students’ PGSD at Esa Unggul University. The study used descriptive method, and the data collection instruments are questionnaire and interview as well as observation. The study result shows that Visual Learning Style dominated with 43% of the number students, 33% of students are  auditory Learning Style, and the least is Kinesthetic Learning Style, with 24%. Based on this study, it is suggested that the lecturers of PGSD consider the result of the study.

 Keywords: learning style, visual,  auditory, and kinesthetic

 

Abstrak

 Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak mahasiswa yang belum mengetahui dan menyadari gaya belajarnya sendiri, sehingga dibutuhkan suatu penelitian untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Esa Unggul Angkatan 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket atau kuesioner dan wawancara serta observasi sebagai pendukung data hasil penelitian. Dalam penelitian terdapat 36 item pernyataan dalam angket dengan 21 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Esa Unggul adalah gaya belajar Visual mendominasi sebanyak 9 responden dengan jumlah persentase 43%, untuk gaya belajar auditorial sebanyak 7 responden dengan presentase 33%, dan untuk modalitas kinestetik sebanyak 5 responden dengan prosentase 24%. Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Esa Unggul memiliki gaya belajar Visual. Oleh sebab itu, disarankan agar pihak-pihak yang terkait dengan proses belajar mengajar mempertimbangkan temuan ini untuk mencapai tujuan di atas termasuk melakukan penelitian lanjutan terkait besaran pengaruh gaya belajar terhadap prestasi mahasiswa.

 Kata kunci: gaya belajar, visual, auditorial, kinestetik


References


Daftar Pustaka

DePorter, N. & Hernacki, M, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, (terjemahan Alwiyah Abdurahman), Bandung; Kaifa, 1999

https://maukulia.wordpress.com/2013/11/07/belajar-apa-ya-di-jurusan-pendidikan-guru-sekolah-dasar-pgsd/ . (diakses 20 Agustus 2015 jam 11.00 WIB)

Kolb, D.A. 1985. Learning Style Inventory Self Scoring Inventory and Interpretation Buukit. Boston, NA: MCBER and Company

M. Nur Ghufron & Risnawita, Gaya Belajar: Kajian Teoritik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

www.esaunggul.ac.id (diakses 22 agustus 2015 jam 13.00 WIB




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v1i2.1533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats