PENGKONDISIAN KESIAPAN BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN HASIL BELAJAR DENGAN GERAKAN SENAM OTAK
Abstract
Abstract
Education often places emphasis on learning outcomes as a problem. The reality of learning outcomes is the impact of how learners have readiness to learn. Research mixed methods with one-pretest-Postest experimental design aims to address the problem of how conditioning the readiness of learning needs to be done by educators to achieve learning outcomes as behavioral changes that include knowledge, attitudes and skills that can be observed and measured. The result of the research with sample of 30 FKIP UEU students with Slovin technique proves that: (1) The process of applying of brain gymnastics can be integrated as initial activity, core and end of learning, and there is strong and highly significant positive influence between (2) conditioning of learning readiness without gymnastics brain with learning readiness, (2) conditioning without brain gymnastics learning readiness (r = 0.783, R2 = 61.4%); (3) conditioning without brain exercise on learning outcomes (r = 0.688, R2 = 47.3%); (4) Conditioning learning with brain exercises against learning readiness (r = 0.799, R2 = 63.9%); (5) Conditioning learning with brain exercises on learning outcomes (r = 0.693, R2 = 48.1%); and there is a strong, positive and significant difference between pre and post brain gymnastics learning at (6) learning readiness (mean = 2.94, r = 0.784, and (7) learning outcomes (mean = 9.74, r = 0.765 ).
Â
Keywords: conditioning learning readiness, learning outcomes, brain gym
Â
Abstrak
Dunia pendidikan seringkali memberi penekanan terhadap hasil belajar sebagai suatu masalah. Kenyataannya hasil belajar adalah dampak dari bagaimana peserta didik memiliki kesiapan belajar. Penelitian mixed methods dengan desain eksperimen one group pretest–Postest bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai bagaimana pengkondisian kesiapan belajar perlu dilakukan pendidik untuk pencapaian hasil belajar sebagai perubahan tingkah laku yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat diamati dan diukur. Hasil penelitian dengan sampel 30 mahasiswa FKIP UEU dengan teknik Slovin membuktikan bahwa: (1) Proses penerapan senam otak dapat diintegrasikan sebagai kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran, dan terdapat pengaruh yang positif kuat dan sangat signifikan antara (2) pengkondisian kesiapan belajar tanpa senam otak dengan kesiapan belajar, (2) Pengkondisian belajar tanpa senam otak terhadap kesiapan belajar (r = 0,783, R2 = 61,4%); (3) Pengkondisian belajar tanpa senam otak terhadap hasil belajar (r = 0,688, R2 = 47,3%) ; (4) Pengkondisian belajar dengan senam otak terhadap kesiapan belajar (r = 0,799, R2 = 63,9% ); (5) Pengkondisian belajar dengan senam otak terhadap hasil belajar (r = 0,693, R2= 48,1%); dan terdapat perbedaan yang kuat, positif dan signifikan Pengkondisian belajar sebelum dan setelah senam otak pada: (6) Kesiapan belajar (mean = 2,94, r = 0,784 ; dan (7) Hasil belajar (mean = 9,74, r = 0,765).
Â
Kata kunci: pengkondisian kesiapan belajar, hasil belajar, senam otakFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Dennison and Dennison. (2005). Poster Gerakan Brain Gym®, dari Brain Gym ®Simple Activities for Whole Brain Learning, Educational Kinesiologi Foundation.
Dennison, Gail, E. (2008). Brain Gym®.,and Me. Jakarta : Grasindo - PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dennison, Gail, E., dan Paul E. Dennison. (2002). Brain Gym®, Gerakan Sederhana untuk Belajar dengan Keseluruhan Otak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dennison, Gail, E., dan Paul E. Dennison. (2002). Brain Gym®., Teacher’s Edition Revised, Buku Panduan Lengkap. Jakarta: Grasindo – PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dennison, Gail, E., dan Paul E. Dennison. (2003). Edu – K for Kids. Jakarta : Grasindo - PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dewi, Rury Sandra. (2015). Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Muntilan. Thesis. Diunduh dari: http;//eprints.uny.ac.id/id/eprint/20008.
Entang, M & T. Raka Joni. (1983). Pengelolaan Kelas. Jakarta: P2LPTK.
Fitroni, Muhammad .Rizal. (2011). Studi Analisis Tentang Kompetensi Guru dalam Kelas. Semarang : Universitas Islam IAIN. Skripsi tidak dipublikasikan.
Hannaford, Carla. (2007). Why Learning is Not All in Your Head. Great River Book.
Jhonson, Lois U and Mary Bary. (1970). Classroom Management. London: The Mc. Millian Company.
Khuluqiyah K, & A. Arief. (2012). Pengaruh Penerapan Zona Alfa dengan Kegiatan Brain Gym terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat-alat Optik di Kelas VIII SMP Islam Krembung. Inovasi Pendidikan Fisika, e-journal Unesa. 2012.
Nahdlyiyin, Ahmad. (2012). The Implementation of Brain Based Learning to Improve Student Learning Outcomes in The Matter of Salt Hydrolysis in Class Xi SMAN 1 Gresi. UESA Journal of Chemical Education Vol 1 No 1. 2012.
Nuryana, Aryati dan Setiya Purwanto. (2010). Efektifitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. Indigeneous, Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 12 No. 1 Mei 2010, hal 88-99.
Prasanti, Fadlia Dewi. (2015). Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikan.
Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Razak, Intan Abdul. (2011). Teacher’s Ability in Managing Classroom At SMP Negeri 1. Journal UNJ. Diunduh dari repository.org.ac.id
S. Sarifah A. Arbianingsih. (2016). Manfaat Senam otak (Brain Gym) dalam mengatasi Kecemasan dan Stress pada Anak Sekolah. Journal of Islamic Nursing, Vol 1 N
Sagiran. (2009). Pengaruh Brain Gym terhadap Fungsi Kognitif Pada Usia Lanjut. MF Sangundo. Jurnal Penelitian Kedoktran dan Kesehatan Mutiara Medika 9.
Stouffer. (2008). Lima Puluh Jenis Tingkah Laku. Diunduh dari http://suryannie.wordpress.com.
Sukri, Akhmad. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Brain Gym. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains.Vol 1 No. 1. Diunduh dari e-journal.ikippgrimadiun. ac.id/index.php/JEM/article/.../711.
DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v3i2.2504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats