KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU PERMAINAN TEBAK GERAK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Tri Wahyuningsih, Ratna Wahyu Pusari, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Abstract

In thematic learning the learning independence of students is still lacking and has not optimized the ability to think creatively to improve their creativity due to a lack of confidence so that they have not achieved maximum learning outcomes. Efforts to improve using the Team Games Tournament model are aided by guessing games. The method used in this study is quantitative research. This research is a pre-experimental design with one group pretest-posttest design. The research subjects were fifth grade students of Wonosoco Kudus Elementary School with a total of 20 students. The results of the study showed that learning using the Team Games Tournament model helped the Guess the Motion game to improve the creativity of class V children viewed from the pretest average of 60.55 and the posttest average of 83.35. This is evidenced by the t test of tcount (15,630)> t table (1,684) then H0 is rejected and Ha is accepted. So the conclusion is effective using the Team Games Tournament (TGT) model with the help of Guess the Motion game to Improve Children's Creativity in Thematic Learning.

Keywords: TGT model, children's creativity, thematic learning

 

Abstrak

Dalam pembelajaran tematik kemandirian  belajar  peserta  didik masih  kurang  dan belum mengoptimalkan kemampuan berfikir kreatif untuk meningkatkan kreativitasnya karena kurangnya rasa percaya diri sehingga belum mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Upaya meningkatkan menggunakan model Team Games Tournament berbantu permainan tebak gerak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pre-Experimental  design  dengan  jenis  one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Wonosoco Kudus dengan jumlah 20 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Team Games Tournament berbantu permainan Tebak Gerak untuk meningkatkan kreativitas anak kelas V di lihat dari rata-rata pretest 60,55 dan rata-rata posttest 83,35. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t sebesar thitung (15,630)>ttabel (1,684)maka  H0  Ditolak  dan  Ha Diterima. Jadi kesimpulannya efektif menggunakan model Team Games Tournament  (TGT) berbantu permainan Tebak gerak Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Pada Pembelajaran Tematik.

 

Kata kunci : Model TGT, kreativitas anak, pembelajaran tematik


References


Faturrohman, Muhammad. (2017). Model-model pembelajaran inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniyatun, Emy dan Ibnu Fatkhu Royana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament(Tgt) Berbantu Permainan Tradisional BakiakTerhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri Mlilir 02. Vol.02 (03) 57-64. Semarang: Universitas Pgri Semarang.

Munandar,Utami. (2009). pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mushafanah, Qoriati dan Novita Rahmanika Yanti. (2014). Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Cita-Citaku Kelas Iv Sd N 6 Suwawal. Vol.4 (1). Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v5i1.2828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats