MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Roni Rodiyana, Wina Dwi Puspitasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya keterampilan sosial siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe quiz team. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti berkerjasama dengan guru kelas sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 24 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah non tes yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil angket sebagai data primer sedangkan observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes terakhir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe quiz team dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini ditunjukan dengan ada peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai presentase siswa yang diperoleh sebelum pemberian tindakan pada observasi adalah 70% keterampilan sosialnya kurang sedangkan hanya 30% siswa yang mencapai kategori baik. Pada hasil angket pada siklus I, 71,70% dan pada siklus II meningkat mencapai 78,80%. Sedangkan pada siklus I dalam hasil observasi, keterampilan sosial siswa mencapai 62,50%, dan siklus II meningkat menjadi 92,70%. Kesimpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe quiz team dapat meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe quiz team, keterampialn sosial, pembelajaran IPS

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anas, S. (2005). Pengamatan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Cartledge, G. & Milburn, J. F. (2009). Theaching Social Skill to Children and youth. Amerika: United States of America.

Budiman, N. (2006). Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dowd, T. & Tierney, J. (2005). Theaching Social Skill to Youth 2nd Edition. NE: Boys Town Press.

Elisabeth, B. & Hurlock. (2009). Perkembangan Anak (Jilid 1, Terjemahan). Inggris: Mc Graw- Hill.Inc.

Gunarti. et al. (2008). Metode Perkembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Harlock, & Elizabeth, B. (2009). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi V. Jakarta: Erlangga.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning Ekttifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Izzaty, R. et al. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif). Yogyakarta: Erlangga.

Muzakir. (2011). Keefektifan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS di Tingkat Sekolah Dasar. Tesis pada Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Muhibinsyah, A. (2014). Metodologi pendidikan Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2010). Memahami Perkembangan Keterampilan Sosial Anak. Tersedia: http://edukasi.kompasiana.com2010/04/2 9.html.

Puspitasari, Wina Dwi. (2015). Metode Pembelajaran Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Ekspresif Drama pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas. 1, (1).

Puspitasari, Wina Dwi. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 2, (2), 105-120.

Puspitasari, Wina Dwi. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi di Sekolah Dasar. Repository Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Volume 2, 244-249.

Puspitasari, Wina Dwi. (2018). Implementasi Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 4, (1).

Puspitasari, Wina Dwi. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. 4, (2), 58-65.

Puspitasari, Wina Dwi. (2019). Efektivitas Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 5, (1).

Puspitasari, W. D. & Rodiyana, Roni. (2019). Bahan Ajar Inquiry Saintifik untuk Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 5, (2).

Ramdhani, N. (2011). Standarisasi Skala Tingkah Laku Sosial. Laporan Penelitian pada Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta: Tidak direrbitkan.

Rodiyana, Roni. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas. 1, (1), 34-43.

Rodiyana, Roni. (2016). Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Verbal-Linguistik Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas. 2, (2).

Rodiyana, Roni. (2016). Growing Democratic Leadership In Elementary Scholl. Proceeding The 3rd Summit Meeting on Education International Seminar . Vol. 1 (Cet. 1).

Rodiyana, Roni. (2018). Analisis Model Cooperative Learning Type Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 4, (1), 87- 97.

Rodiyana, Roni. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Quantum Learning terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. 4, (2), 45-57.

Rodiyana, Roni. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 5, (1), 8-18.

Rubin, K. H., Bukowski, W., & Parker, J. G. (2006). Peer Interactins, Relationship, & Groups, (Social, Emotional and Personality Devewlopment). Journal of Child Psychology. 3, (5), hlm.617-700.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Silberman, M. (2007). Active Learning: 101 Strategi Pemelajaran Aktif. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Mandiri.

Sriariati. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sosial untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Nomor 2 Mambal. Jurnal IKA. 8, (1), hlm. 69- 83.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v5i02.3213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats