PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI PENDIDIKAN YANG EFEKTIF BAGI PARA CALON GURU PGSD DALAM MENYAMPAIKAN IDENYA DI DEPAN UMUM DALAM BAHASA INGGRIS BERBASIS KURIKULUM 2013

Linda Purnamasari

Abstract


Guru merupakan salah satu profesi di bidang pendidikan yang sangat penting dalam mencerdaskan bangsa. Mereka berada di garis depan dalam mensukseskan proses pencerdasan bangsa. Untuk itu dituntut seorang guru untuk mempunyai keterampilan berkomunikasi dengan baik agar siswa didik bisa mendengar penjelasannya dengan mudah. Kali ini peneliti memfokuskan objek penelitian pada  komunikasi pendidikan terhadap para calon guru SD, tepatnya mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) di Universitas Esaunggul.   Karena seorang guru harus mempunyai banyak pengetahuan, jadi peneliti meminta para calon guru ini untuk mencari buku yang berhubungan dengan pendidikan, kemudian mereka harus memilih salah satu yang berlandaskan dari buku itu dan membuatnya menjadi satu bahan presentasi yang tepat di depan umum dalam bahasa Inggris. Adapun tingkat keberhasilan dari mahasiswa PGSD itu dilihat dari seberapa jauh dia bisa merancang satu topik, kemudian membuat sebuah kerangka untuk presentasi dan menyampaikannya dalam bahasa Inggris. Kemudian dari hasil presentasi itu akan diambil secara metode kuantitatif dari nilai yang diberikan oleh peneliti. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini akan tercapai di mana ingin melihat sejauh mana paket pengajaran yang dikemas oleh peneliti dapat menjadi efektif sehingga para calon guru PGSD ini bisa menyampaikan presentasi dalam bahasa Inggris sesuai dengan topik yang dipilih berdasarkan keilmuannya.                                                                                           

 

Kata kunci: Guru dan murid, proses pembelajaran, komunikasi pendidikan, buku, presentasi dalam bahasa Inggris




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v5i02.3215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats