Pemanfaatan Aplikasi Zoom dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Pangkalpinang Masa Pandemi Covid-19

Okmi Astuti

Abstract


Penyebaran covid-19 secara merata di indonesia membuat sekolah diliburkan. Melihat kondisi seperti ini, pemerintah mengambil keputusan agar proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah atau belajar jarak jauh. Tujuan dari keputusan ini adalah agar menghentikan penyebaran virus. Menindaklanjuti hal tesebut, maka kepala sekolah meminta guru untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran menggunakan teknologi seperti android yang aplikasinya dapat mendukung keterlaksanaan pembelajaran. Aplikasi yang harus digunakan untuk menggantikan tatap muka adalah zoom. Kenapa zoom yang dipilih? Melalui aplikasi zoom guru bisa mengajar dengan dilihat siswa secara langsung. Selain itu fitur yang disediakan juga sangat mendukung proses pembelajaran. Melalui aplikasi tersebut, siswa terlihat sangat antusias dan tertarik dalam belajar karena mereka hanya fokus pada satu orang. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi atau melakukan tanya jawab secara langsung menggunakan fitur yang tersedia. bagi siswa yang malu berbicara bisa menggunakan fitur caht untuk bertanya. Meskipun zoom merupakan one way communication, praktek penggunaannya dalam pembelajaran dapat dikatakan efektif. Meskipun demikian, kendala-kemdala juga ditemui dalam mengakses aplikasi tersebut. siswa harus memiliki kuota yang besar. jaringan harus kuat dan stabil, hp yang digunakan juga harus mendukung aplikasi tersebut. Apakah semua siswa dapat bergabung dalam pembelajaran? Jawabannya tidak. Masih ada siswa yang kurang mampu. Dengan ketidakmampuannya, dia akan melewatkan pembelajaran zoom. Bagaimana dengan siswa yang tingga di desa yang jaringannya tidak ada, otomatis mereka juga tidak bisa bergabung. Melihat kondisi tersebut, sekolah berusaha mencari solusi agar siswa tersebut mendapatkan kesempatan yang sama dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran daring seperti ini harus melibatkan dukungan orang tua, baik itu untuk mendudung anaknya maupun menfasilitasi dan membimbing mereka serta mengontrol mereka. Tujuan akhir dari pembelajaran adalah pembentukan karakter siswa seperti rasa, pikir, hati dan olahraga. Meskipun pembelajaran jarak jauh, guru tetap membentuk pola pikir dan karakter siswa terutama tentang disiplin diri. Saran penulis, guru tetap harus mempertimbangan aplikasi yang tepat dan cocok dalam proses pembelajaran, walaupun aplikasi zoom dianggap efektif.

References


Aji, Rizqon Halal Syah (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam Jurnal Sosial Budaya Syar’I, 7(5), 395-402.

Baharuddin & Rabial Kanada (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui In House Training. Journal of Islamic Education Management, 3(2), 1-20.

Brahmana, Ismail Akbar (2020). Penggunaan Zoom sebagai Pembelajaran Berbasis Online dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97-102.

Cahyati, Nika dan Rita Kusumah (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age: Universitas Hamzanwadi, 4(1), 152-159.

Ferdiana, Suci. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Indonesian Jurnal of Science Learning, 1(1).

Firdaus, Muhammad Dzaky (2018). Pengembangan Aplikasi Pesan Instan Whatsapp dalam Pembelajaran Microteaching Sebagai Media Alat Bantu Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Hanafi, Muhammad (2017). Membangun Profesionalisme Guru dalam Bingkai Karakter. Jurnal Ilmu Budaya, 5(1).

Herlinawati, N., Yuri, Y., Siti, F., Windu, G., dan Samudi (2020). Analisis Sentimen Zoom Cloud Meetins di Play Store Menggunakan naive Bayes dan Support Vector Machine. Journal of Computer Engineering System and Science, 5(2).

Jayadipura, Yadi (2018). In House Training untuk Meningkatkan kemampuan Guru dalam Menyusun RPP. Jurnal Idaarah, II(2), 260-268.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020, Agustus 11). Kemendikbud Permanenkan Ketersediaan Platform Teknologi Belajar bukan Metode Pembelajaran Jarak Jauh. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/kemendikbud-permanenkan-ketersediaan-platform-teknologi-belajar-bukan-metode-pembelajaran-jarak-jauh

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Gerakan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK).

Makarina, Muh. Murtaqi (2019, Agustus 16). Pemanfaatan Aplikasi Daring Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT (Information and Communication Tecnologies). Academia Edu. https://www.academia.edu/40778589/Pemanfaatan_Aplikasi_Daring_Media_Sosial_WhatsApp_sebagai_Media_Pembelajaran_Bahasa_Arab_Berbasis_ICT_Information_and_Communication_Technologies

Muhlison (2014). Guru Profesional Sebuah Karakteristik Guru Ideal dalam Pedidikan Islam. Jurnal Darul Ilmi, 2(2).

Munarah. Penggunaan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran menulis Paragraf Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Kongres Bahasa Indonesia.

Mulyani, Elisabeth Wiwik Sri (2018). Dampak Pemanfaatan Android dalam Pembelajaran Banguan Ruang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122-136.

Muthmainnah, S., Riche, Cepi (2019). Hubungan antara Pembelajaran Menggunakan Kelas Maya dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Edutcehnologia.3.3(1).

Ngafifi, Muhamad (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2(1).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no. 32 tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah no. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pratiwi, Ericha Windhiyana (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu pendidikan, 34(1).

Rasyid, Muhammad Rusydi (2008). Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Transformasi Pengetahuan dengan Menggunakan Media Pembelajaran. Lentera Pendidikan, II(2), 55-68.

Republica.co. (2020, Juli 12). Kemendikbud Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi.https://republika.co.id/berita/qdd0g5384/kemendikbud-evaluasi-pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi.

Sahidillah, Muhammad Wildan dan Prarasto Miftahurrisqi, (2019). Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varia Pendidikan, 6(1), 52-57.

Sartika. Kegunaan Whatsapp sebagai Media Informasi dan Media Pembelajaran Informasi dan Media Pembelajaran pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Stisip Persada Bunda. Jurnal Medium, 6(2).

Suherly, Trimardi, dan Jasmalinda (2020). Sosialisasi PenggunaanAplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3).

Surat Keputusan Menteri no 04 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (C0vid-19).

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan Dosen.

Verma, Anuradha dan Anoop Singh, (2010). Webinar- Education through Digital Collaboration. Jurnal of Emerging Technologies in Web intelligence, 2(2), 131-136.

Wardani (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru Kajian Konseptual dan Operasional. Jurnal Pendidikan, 13(1), 32-44.

Winingsih, Endang (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Diakses dari: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/

Yudiawan, Agus (2020). Belajar Bersama Covid-19:Evaluasi Pembelajaran daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan islam Negeri Papua Barat. Al-Fikr:Jurnal pendidikan islam, 6(1), 10-16.

Zhafira, N.H., Yenny E., dan Chairiyaton (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran selama Masa Karantina Covid 19. Jurnal Bisnis dan Kajian Startegi Manajemen, 4.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v9i1.3554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats