EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO DAN VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS TINGKAT SD (Studi Kasus Pada TPQ Al-Huda)

Nur Faizah, Septi Gumiandari

Abstract


Abstract

The learning method and the use of audio and visual media is a way to answer the challenges of the times. This strategy makes use of video animation, and educational song as a teaching resource. This research aims to discover and focus on finding English mastering method that are fun, effective, and applicable to the kids getting to know phase. It is hoped that this effectiveness can be applied in a sustainable action so that it can discover children’s potential and creativity to advance phase. The research method applicated was a direct survey, discovered student’s knowledge of vocabulary in English. The data used to be amassed through observation and questionnaries. The result obtained are : (a) the discovery of new information that the studying method using audio and visual media must be accompanied by way of direct active involvement. (b) visualizing the material with a familiar movement, so that student can understand what is meant. (c) actual visualization of motion and audio makes their reminiscene sharper. (d) children’s self-confidence will increase after they understand and absorb the material. (e) children are able to express what they understand, so that the learning process can be greater, flexible and targeted. While the shortcomings of this learning method are : (a) limitied facilities and educating media. (b) the lack of teachers who are adept at operating audio and visual media. (c) limited information and programs that can increase the potential and possibility of teacher and student to learn more.

 

Keywords : language, english, audio, visual, vocabulary

 

Abstrak

Metode pembelajaran menggunakan media Audio dan Visual adalah suatu cara menjawab tantangan perkembangan zaman. Strategi tersebut memanfaatkan media video, animasi, dan lagu yang bersifat edukatif sebagai sumber pengajaran. Penelitian kali ini bertujuan untuk menggali dan fokus menemukan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan, efektif, dan relevan dengan fase belajar anak. Keefektivitasan tersebut diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan sehingga dapat menggali potensi dan kreatifitas anak untuk lebih berkembang kedepanya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei secara langsung, melihat pengetahuan siswa mengenai kosakata dalam Bahasa Inggris. Data dihimpun melalui observasi serta kuesioner. Hasil yang didapat setelah turun langsung ke lapangan Adalah : (a) penemuan fakta baru bahwa proses pembelajaran menggunakan media audio dan visual harus dibarengi dengan keterlibatan langsung anak – anak secara aktif. (b) visualisasi materi dengan sebuah gerakan yang familiar, sehingga anak – anak mudah mencerna apa yang dimaksud. (c) visualisasi secara nyata antara gerakan dan audio membuat ingatan mereka lebih tajam. (d) percaya diri anak meningkat untuk setelah mereka memahami materi. (e) anak – anak mampu mengungkapkan apa yang mereka pahami, sehingga proses belajar bisa lebih fleksibel dan tepat sasaran. Sedangkan kekurangan dari model pembelajaran seperti ini yaitu : (a) keterbatasan fasilitas dan media Pengajaran. (b) kekurangan guru yang mahir mengoperasikan media audio dan visual. (c) keterbatasan informasi dan program yang dapat mengembangkan potensi guru dan murid.

 

Kata kunci : bahasa, inggris, audio, visual, kosakata


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Apsari, Y., Lisdawati, I., & Mulyani, E. R. (2020). Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi.

Ifadah, M. (2012). Keefektifan Lagu sebagai Media Belajar dalam Pengajaran Pronounciation/Pengucapan. Seminar Hasil-Hasil Penelitian-LPPM UNIMUS.

Kaltsum, H. U. (2017). Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urecol.

Kaltsum, H. U., Wijayanti, N., Fkip, P., & Muhammadiyah, U. (2017). Peningkatan Aktivitas pembelajaran Siswa Bahasa Ingris Melalui Strategi SAVI ( Somatic , Auditory , Visualzation, Intelectual) Dengan Media Gambar Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sonorejo Blora. Varidika Kajian Penelitian Pendidikan PGSD FKIP UMS.

Maesaroh, S., & Malkiah, N. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Sisfotek Global.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual ( Animasi ) Pada PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Nur Wulandari, D. A. (2016). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika. https://doi.org/10.31294/p.v18i2.1178

Nursifa, A. R., Orinda, A., & Pritanti, S. S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Cinere. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.24014/coreit.v3i1.3381

Rachmijati, C. (2018). PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DI DESA MARGALUYU KECAMATAN CIPENDEUY). Abdimas Siliwangi. https://doi.org/10.22460/as.v1i2p61-74.106

Santoso, A. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Mengenai Buah, Sayuran, dan Binatang. CALYPTRA, 4(1), 1–10.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology 5th Edition. Educational Psychology.

Sari, L. K., & Sasongko, D. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS II. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA.

Sudrajat, D. (2015). Studi Tentang Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Inggris Di SD Kota Tenggarong. Cendekia: Journal of Education and Teaching. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.49

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Teori, K., Belajar, H., Anak, I., Dini, U., Nandi, Pendahuluan, A., Hartono, D. S., Kaltsum, H. U., Wijayanti, N., Fkip, P., Muhammadiyah, U., Ibrahim, N., Pembelajaran, D., Puisi, M., Kamilah, S. L., Penulis, N., Keuangan, D., Indonesia, R., Pendidikan, B., … Pelatihan, D. A. N. (2013). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Matapelajaran Bahasa Inggris Theme I Have A Pet Untuk Kelas 4 SD Negeri Randugunting. GEA Jurusan Pendidikan Geografi.

Waziana, W., Anggraeni, L., & Sari, N. L. (2016). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Multimedia. Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ).

Wijayanto, R. (2014). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah Ciater. AMIK Bina Sarana Informatika Purwokerto.

Wijirahayu, S., & Syarif, M. S. (2019). Pengembangan Multimedia Integratif Bahasa Inggris untuk Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal SOLMA. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3093

Yusri, Y., Rosida, A., Jufri, J., & R, M. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i2.6760




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v6i2.4136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats