NILAI MORAL DALAM NOVEL MATA DI TANAH MELUS KARYA OKKY MADASARI DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR

Yustinus Anang Anggoro, Khusnul Fatonah

Abstract


Abstract

This study aims to determine the moral values contained in the Novel Mata di Tanah Melus by Okky Madasary. The method used in this study is data analysis with concentrated data collection techniques in the form of quotations containing moral values. The validity check of this research data uses source triangulation. Data is analyzed through the steps of data collection, data reduction, data presentation, and data collection.The results of this study indicate that in the novel Mata di Tanah Melus byOkky Maddasary there are three types of moral values namely, individual moralvalues, social moral values, and religious moral values. The dominant moral values in the novel Mata di Tanah Melus are social moral values with an percentage of individual values 37%, social moral values 46%, and religious moral values 17%. The contents of the story in the novel Mata di Tanah Melus illustrate the interaction of the characters with other characters who are only known in an area of the island outside Indonesia, namely in Tanah Melus. Moral values in the novel can be replicated in the teaching of elementary school literature. Teachers can teach moral values contained in novels according to the lesson plans in school. Through novels and other story books children will find it easier to capture what they learn.

 

Keywords: novels, moral values, literature learning

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dengan pendekatan teknik pengumpulan data berupa kutipan-kutipan yang mengandung nilai moral. Pemeriksa keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Data di analisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Maddasari terdapat tiga jenis nilai moral yaitu, nilai moral individu, nilai moral sosial, dan nilai moral religi. Nilai moral yang dominan dalam novel Mata di Tanah Melus adalah nilai moral sosial dengan persentase nilai individu 37%, nilai moral sosial 46%, dan nilai moral religi 17%. Isi cerita dalam novel Mata di Tanah Melus tersebut menggambarkan interaksi para tokoh dengan tokoh lain yang baru dikenal di suatu daerah pulau luar Indonesia di Tanah Melus. Nilai-nilai moral dalam novel dapat diiplikasikan ke dalam pembelajaran sastra sekolah dasar. Guru dapat mengajarkan nilai-nilai moral yang terdapat novel sesuai materi RPP di sekolah. Melalui novel dan buku-buku cerita lainnya anak akan lebih mudah untuk menangkap apa yang dipelajarinya.

 

Kata kunci : novel, nilai moral, pembelajaran sastra

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v6i2.4140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats