KEMAMPUAN PENGAJARAN GURU DALAM MENUNJANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN YANG BERKELANJUTAN

Oktian Fajar Nugroho, Silvia Ratna Juwita, Fitri Nuraeni

Abstract


Istilah pendidikan merupakan bagian integral dari setiap dokumen politik terprogram tentang pembangunan berkelanjutan. Fakta ini menggarisbawahi pentingnya tugas pendidikan dalam konteks pembangunan berkelanjutan yang mengarah pada pertanyaan tentang kompetensi apa yang dibutuhkan guru untuk mengembangkan dan mengimplementasikan penawaran pendidikan di bidang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) sehingga mereka dapat bercita-cita dan mencapai tujuan pendidikan tertentu dengan siswa mereka. Hal ini menyentuh pertanyaan tentang pembangunan kompetensi yang sesuai dalam pendidikan guru dan pendidikan lebih lanjut. Sejauh ini, beberapa upaya telah dilakukan untuk menggambarkan kompetensi guru mengenai ESD dan untuk mengembangkan model kompetensi yang sesuai. Artikel berikut menyajikan dua model—Kurikulum, Pembangunan Berkelanjutan, Kompetensi, Pelatihan Guru (Model CSCT), dan Pembelajaran untuk masa depan: Kompetensi dalam Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Model PAUD)—dan membahas manfaatnya bagi pendidikan guru dan pendidikan lanjutan. Model ini berbeda dalam seberapa luas mereka mendefinisikan ESD dan dalam audiens apa yang mereka targetkan. Perbandingan ini menunjukkan dan menjelaskan mengapa model kompetensi harus fokus pada kompetensi inti khusus profesi jika ingin digunakan sebagai dasar untuk konsepsi penawaran pendidikan di bidang ESD dalam pendidikan dan pendidikan lebih lanjut guru. Simpulan yang ditarik terdiri dari pertimbangan awal untuk konsepsi model kompetensi lain.

Kata Kunci: Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan; kompetensi guru; Model CSCT; Model ECE


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats