KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN KONTEN PEMBELAJARAN DIGITAL DI SEKOLAH (Studi Kasus Pada Guru PPKn di SMPN 3 Banjarmasin)

Reja Fahlevi, Sri Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PPKn dalam menyusun konten pembelajaran digital di sekolah yang dilakukan oleh guru PPKn di SMPN 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat dari kemampuan  digital guru PPKn di SMPN 3 Banjarmasin  bentuk educational content creation guru PPKn di SMPN 3 Banjarmasin yaitu guru dalam proses pembelajaran PPKn di sekolah menyusun konten pembelajaran digital diantaranya seperti menyusun  power point interaktif , video pembelajaran  interaktif dari youtube, menampilkan gambar atau foto yang berhubungan dengan materi pelajaran, serta menggunakan program aplikasi pembelajaran yaitu seperti google pencarian, aplikasi zenius, aplikasi zoom, membuka website pembelajaran dan aplikasi lainnya. Rekomendasi dari penelitian ini ialah guru PPKn di SMPN 3 Banjarmasin harus meningkatkan kemampuan menyusun konten pembelajaran digital.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats