PERAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Roy Kembar Habibi, mutiara Hardiningtyas

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor eksternal dan faktor internal, faktor eksternal (perhatian orang tua) yaitu kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan dan pendidikan peserta didik dan faktor internal (kedisiplinan belajar) yaitu kurangnya kesadaran peserta didik tentang disiplin dalam belajar dan rendahnya kesadaran peserta didik dalam mengumpulkan tugas tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 84 orang peserta didik, sampel berjumlah 84 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,779 berada pada taraf “kuat”.


References


Ahmadi dan Supriyono. 2018. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Perkasa, Jakarta.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman. Budi Utama.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta, Jakarta. 298 hlm.

Endriani, A. 2018. Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.Jurnal Bimbingan Konseling , 1(2) : 104-116.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta.

Kadir, dkk. 2019. Pembelajaran Matematika Dalam Era Revolusi 4.0. Universitas Haku Oleo Press, Kendari.

Muncarno. 2017. Statistik Pendidikan. Hamim Group, Metro.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana. Jakarta.

Tu’u, Tulus. 2019. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta. PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats