PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DALAM MENULIS TEKS BERBAHASA INGGRIS

Kholid Jarnudi

Abstract


Kreativitas (creativity) merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dapat dikuasai oleh para peserta didik sebagai salah satu dari keterampilan abad 21 sebagai bekal para peserta didik dalam menghadapi dinamika perkembangan dan tantangan zaman di masa mendatang. Sebagai keterampilan penting yang harus dikuasai oleh para peserta didik, instrumen pengukuran kreativitas berpikir (creative thinking) harus mampu mendeskripsikan secara komprehensif seluruh aspek yang ada dalam kreativitas berpikir (creative thinking), seperti kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana instrumen pengukuran kreativitas berpikir siswa dalam menulis teks berbahasa Inggris disusun serta sejauhmana validitas dan reliabilitas dari instrumen tersebut. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh data bahwa setiap butir instrumen kurang dari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa setiap butir pada instrumen kreativitas berpikir (creative thinking) dinyatakan valid. Selain itu, hasil uji reliabilitas menunjukan bahwa pada taraf signifikasi 5% dan jumlah responden 64 responden serta nilai rtabel sebesar 0,254 sementara nilai rhitung lebih dari rtabel. Hal ini berarti bahwa instrumen tersebut reliabel.

Keywords: Berpikir Kreatif, Instrumen, Validitas, Reliabilitas


References


A.A.I.N Marhaeni, Luh Putu Artini, N.M. Ratminingsih, Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi, Putu Indra Kusuma. (2017). Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Press.

Adaire, J. (1991). The art of creative thinking. In Long Range Planning (Vol. 24, Nomor 3). Kogan Page. https://doi.org/10.1016/0024-6301(91)90195-t

Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 868–872.

Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253

DiYanni, R. (2016). Critical and Creative Thinking. John Wiley & Sons, Inc.

Dwi Redza; Rinanto Yudi; Dwiastuti Sri. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 The Increasing of Students Creative Thinking Ability Through of Inquiry Learni. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 330–334.

Edgar Moore. (1967). Creative and Critical Thinking. Houghton Mifflin Company.

Franscy, F. (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Kala Dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Bahasa Inggris. 15, 46–53. http://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5626

Guntur., et. al. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif, Kritis, dan Komunikasi Matematika Siswa dalam Academic-Contructive Controversy (AC). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 385–392.

Maftukhah, N. A., Nurhalim, K., Isnarto, Dasar, P. P., & Semarang, U. N. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Journal of Primary Education, 6(3), 267–276.

Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Skills Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.1

Nurlaela, L. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif (hal. 174). Mediaguru Digital Indonesia.

Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 249–258. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1180

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (1 ed.). Parama Publishing. http://www.nuhamedika.gu.ma/

Rohmawan, A. (2020). Aspek berpikir kritis dan kreatif dalam buku teks karya mahasiswa. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia …, 4, 32–44.

Safi’i, A. (2019). Creative learning; Strategi Pengembangan Kreativitas Anak berbakat. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Uloli, R. (2021). Buku Berpikir Kreatif dalam Penyelesaian Masalah Tantangan Pembelajaran Abad 21. Jember: RFM Pramedia.




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats