Analisis Kepuasan Pasie BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Kota Bogor

nurul amalina rachmawati

Abstract


Kepuasan merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam mengukur pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Diberlakukannya program BPJS oleh pemerintah menyebabkan jumlah pasien yang berobat ke Rumah Sakit semakin meningkat setiap harinya.. Berdasarkan survey kepuasan pelanggan yang telah dilakukan sebelumnya diperoleh kepuasan sebesar 85,7%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Bogor tahun 2021. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat jalan BPJS Kesehatan di RSUD Kota Bogor di bulan Januari-Juni 2021 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 responden. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yang diperoleh menggunakan instrumen berupa kuesioner. Data diuji dan dianalisis menggunakan software computer (SPSS for windows). Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil kepuasan pasien BPJS Kesehatan secara keseluruhan adalah 70% dengan kepuasan dari dimensi tangible sebesar 56%, dimensi reliability sebesar 77%, dimensi responsiveness sebesar 65%, dimensi assurance sebesar 88%, dan dimensi emphaty sebesar 78%. Oleh karena itu rumah sakit diharapkan bisa meningkatkan kepuasan pasien dengan cara menjaga sarana prasarana agar tetap berfungsi dengan baik dan apabila ada sarana prasarana yang rusak bisa segera diperbaiki atau diganti serta menjaga ruangan pelayanan beserta fasilitas yang ada didalamnya agar tetap bersih, dan terawat agar pasien bisa merasa lebih nyaman.


Keywords


kepuasan pasien, pelayanan, BPJS Kesehatan

References


Adhyto, D. R., & Mulyaningsih. (2013). Reliabilitas mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kab Ngawi.

Damayanti, R. (2017). Tinjauan Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit Patria IKK.

Depkes RI. (2008). Kepmenkes No.129 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Depkes RI. (2009). UU No.36 Tahun 2009. 54(1), 1–6.

Depkes RI. (2011). UU No.24 Tahun 2011.

Depkes RI. (2017). www.kemkes.go.id.

Fajri, I. K. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Kab.Karanganyar.

Faturahmah, E., & Raharjo, B. B. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Petugas Medis Medis Melalui Faktor Assurance di Ruang Rawat Inap RSUD Bima, NTB.

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetn.

Hidayat, A. A. A. (2010). Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif. Salemba Medika.

Inuri, S. F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pasien, Studi Pada Rumah Sakit Kerja Prov Jawa Barat.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Penerbit Salemba Empat.

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Ilmu Penelitian Keperawatan. Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika.

Pohan, I. S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Pramono. (2008). Analisis Keterampilan Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU H.Sanhudin Kutacane.

Putri, P. A. R. J., Handoko, S. A., Nopiyani, N. M. S., Utami, N. W. A., & Pertiwi, N. K. F. R. (2019). Tingkat kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional terhadap mutu pelayanan di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Badung Mangusada.

RSUD Bogor. (2020). Profil RSUD Bogor.

Saprilla, A. N. (2018). Pengaruh Responsiveness Perawat Dalam Praktik Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Inap di RSU Haji Surabaya.

Septiani, A. (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Kabupaten Sumedang.

Sihombing, A. (2016). Tinjauan Kepuasan Pasien BPJS di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Bhakti Mulia.

WHO. (2017). www.who.int


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]