Pengaruh Pengalaman Pasien dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pasien dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit X di Jakarta

Novira Andriana Amri

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa akan terjadi penurunan jumlah pasien kategori non-BPJS pada tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara empiris pengaruh pengalaman pasien dan experiential marketing terhadap loyalitas pasien dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Hasil analisis membuktikan bahwa intervensi kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman pasien dan experiential marketing terhadap loyalitas pasien, sehingga pengalaman pasien dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Secara langsung pengalaman pasien dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan loyalitas pasien, serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien. Pengalaman pasien merupakan variabel dominan yang mampu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pasien, sedangkan experiential marketing merupakan variabel terendah yang mampu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pasien

Keywords


Patient experience, experiential marketing, trust, loyalty, patients

References


Ajzen, I. (2005). EBOOK: Attitudes, Personality and Behaviour. McGraw-Hill Education.

Andalas, P. R., & Kartika, L. N. (2021). Experiential Marketing as a Means to Build Customer Loyalty in Traditional Concept Restaurants in Sleman Regency, Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Business Faculty, Duta Wacana Christian University, Yogyakarta, Indonesia, February 2019, 400–412. http://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/2722

Andreano, P., & Pardede, R. (2023). Service Quality and Patient Trust on Patient Loyalty Mediated by Patient Satisfaction on Inpatients. Interdisciplinary Social Studies, 2, 2684–2692. https://doi.org/10.55324/iss.v2i12.595




DOI: https://doi.org/10.47007/johm.v7i02.8382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

Web Analytics View My Stats