IDENTIFIKASI MASALAH YANG DIHADAPI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013REVISI DI SD
Abstract
Abstract
This research was motivated by the introduction of the 2013 curriculum at all levels of education, both at the elementary, junior high and high school levels. The teacher faced many problems in the implementation of the 2013 curriculum, especially the revised 2013 curriculum that was implemented in SDN Duri Kepa 03. This research was a qualitative research with descriptive method. This study aims to identify the problems faced by teachers in the implementation of the 2013 revised curriculum in elementary schools. This study concludes that not all problems faced by teachers due to errors in the curriculum 2013, but teachers must also be able to maximize their professional abilities to answer the challenges in the 2013 curriculum.
Â
Keywords: Curriculm 2013, revision, problems
Â
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejak diberlakukannya kurikulum 2013 di semua jenjang pendidikan, baik di tingkat SD, SMP, sampai dengan SMA. Guru banyak menghadapi masalah dalam penerapan kurikulum 2013, khusunya kurikulum 2013 revisi yang diterapkan di SDN Duri Kepa 03. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan masalah yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum 2013 revisi di SD. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak semua masalah yang dihadapi guru karena kesalahan di dalam kurikupum 2013, tetapi guru juga harus mampu memaksimalkan kemampuan profesionalnya untuk menjawab tantangan-tantangandi dalam kurikulum 2013.
Â
Kata kunci: Kurikulum 2013, revisi, masalahÂ
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ansyar, Mohammad. (2015). KurikulumHakikat, Fondasi, Desain,Dan Pengembangan. Kencana PrenadaMedia Group : Jakarta.
Darnius, Said. (2016). IdentifikasiKesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013DenganPendekatan Saintifik Di KelasTinggi Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol.2 No.4.
Hamalik, Oemar. (2010). Kurikulum danPembelajaran. PT Bumi Aksara : Jakarta.
Hasibuan, Lias. 2010. Kurikulum dan pemikiran pendidikan. GaungPersada : Jakarta
Kasyadi, Soeparlan, dkk. (2014). Strategi Belajar Dan Pembelajaran. PT PustakaMandiri : Tangerang.
Mulyasa, E. (2015). Pengembangan danImplemenatsi Kurikulum 2013. PTRemaja ROSDAKARYA : Bandung.
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.
Qomariyah. (2014). Kesiapan Guru DalamMenghadapi Implementasi Kurikulum2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIPVeteran Semarang : Vol.2 No.1
Ruja, I Nyoman dan Sukamto. (2017). Survey Permasalahan ImplementasiKurikulum Nasional 2013 MataPelajaran Ilmu Pengetahuan SosialSekolah Menengah Pertama Di JawaTimur. Jurnal Sejarah daBudaya :Vol.9 No.2
Sagita, Apri Damai dan Rusmawan.(2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013.Jurnal Cakrawala Pendidika.
Sanjaya, Wina. (2015). Kurikulum danPembelajaran. Kencana Prenada MediaGroup : Jakarta.
Shofiah, Nurul. (2017). PertimbanganPemilihan Teks Bacaan DalamPengajaran Dan Pembelajaran Membaca. Jurnal SENASBASA.
Sugiyono. (2013). Metode PenelitianKuantitatif,Kualitatifdan R&D.Alfabeta : Bandung.
Sugiyono. (2016). Memahami penelitiankualitatif. Alfabeta : Bandung.
Syafruddin Nurdin dan Adriantoni. (2016).Kurikulum dan Pembelajaran. PTRajagrafindo Persada : Jakarta.
UU RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidkan Nasional.
UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional.
Winoto, Sagi. (2017). Konsep Materi DanKonsep Pembelajaran Teks EksposisiPada Kurikulum 2013 dan KTSP. JurnalStudi Komparasi.
Yulianto, Andi, dkk. (2014). AnalisisKesiapan Guru DalamMengimplementasikan Kurikulum 2013.Jurnal Cakrawala : Vol.1.
Zahro, Nur Holifatuz. (2015). AnalisisTingkat Keterbacaan Dalam Buku TeksPembelajaran TematikTerpaduKurikulum 2013 Tingkat SD/MI. JurnalNOSI : Vol. 3 No. 2.
DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v4i2.2733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats