ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT BAKU DAN KALIMAT EFEKTIF DALAM KARANGAN ARGUMENTASI SISWA SMA KELAS XII PPLS DI BKB NURUL FIKRI KRANGGAN BEKASI
Abstract
Abstract
This study is aimed at analyzing both the use of standard sentences and effective sentences in the argumentative essay of the twelve graders of SMA PPLS at BKB Nurul Fikri Kranggan, Bekasi. This study used descriptive qualitative method while data were analyzed in the form of argumentative essay from the twelve graders of SMA PPLS at BKB Nurul Fikri Kranggan, Bekasi. Samples were randomly selected from ten essays from 25 students. The results explained that the language errors associated with standard sentences included: 1) the use of non-standard sentence structures of 23 errors, 2) the use of non-standard spelling of 19 errors, and 3) the use of non-standard word of 14 errors. Meanwhile, errors in writing effective sentences seen in students' argument essays are caused by 1) incompatibility or unity of ideas with 20 errors, 2) improper grammar by 16 errors, 3) ineffectiveness of words by 13 errors, 4) incompatibility of sentences by 5 errors, 5) sentence ambiguity from 4 errors, and 6) sentence logic from 2 errors. Error analysis can be used as an evaluation material for teachers to improve student understanding in using standard and effective sentences when writing essays, especially argumentative essay.
Â
Key words: Â standard sentence, effective sentence, argumentative essay
Â
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan penggunaan kalimat baku dan kalimat efektif dalam karangan argumentasi siswa SMA kelas XII IPS PPLS di BKB Nurul Fikri Kranggan, Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis berupa karangan argumentasi siswa SMA kelas XII IPS PPLS di BKB Nurul Fikri Kranggan, Bekasi. Sampel diambil secara acak sebanyak sepuluh karangan dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kesalahan berbahasa yang berkaitan dengan kalimat baku antara lain: 1) penggunaan struktur kalimat yang tidak baku sebanyak 23 kesalahan, 2) penggunaan ejaan yang tidak baku sebanyak 19 kesalahan, dan 3) penggunaan kata-kata tidak baku sebanyak 14 kesalahan. Sementara itu, kesalahan penulisan kalimat efektif yang terlihat dalam karangan argumentasi siswa disebabkan oleh 1) ketidaksepadanan atau ketidaksatuan gagasan sebanyak 20 kesalahan, 2) ketatabahasaan yang kurang benar sebanyak 16 kesalahan, 3) ketidakhematan kata sebanyak 13 kesalahan, 4) ketidakpaduan kalimat sebanyak 5 kesalahan, 5) keambiguitasan kalimat sebanyak 4 kesalahan, dan 6) kelogisan kalimat sebanyak 2 kesalahan. Analisis kesalahan tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menggunakan kalimat baku dan efektif ketika menulis sebuah karangan, khususnya karangan argumentasi.
Â
Kata kunci: Â kalimat baku, kalimat efektif, karangan argumentasi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi, H. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Akhadiah, Sabarti dkk. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Chaer. A. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pedekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.
Chomsky, N. (1957). Syntactic Structures. Berlin: Mouton de Gruyter.
Fitriani, D. (2015). “Penguasaan Kalimat Efektif dan Penguasaan Diksi dengan Kemampuan Menulis Eksposisi pada Siswa SMPâ€. Jurnal Pesona. 1 (2) 129-139.
Gani, Ramlan A dan Mahmudah Fitriyah Z.A. (2010). Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Keraf, G. (1984). Tata Bahasa Indonesia. Edge Flores: Nusa Indah.
Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
James, Carl. (1998). Error In Language Learning and Use. London: Longman.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim Pengembang Modul. (2014). Modul Belajar PPLS IPS. Jakarta: BKB Nurul Fikri.
Pit S, Corder, (1974). Error Analysis: Dalam J. P. Allen and Pit S. Corder (eds) The Adnburg Course in Applied Linguistics, Vol. 5. London: OUP.
Sasangka, Sry Satrya Tjatur Wisnu. (2016). Seri Penyuluhan Bahasa: Kalimat. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suladi. (2016). Seri Penyuluhan Bahasa: Paragraf. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suyatno dkk. (2017). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Membangun Karakter Mahasiswa melalui Bahasa. Bogor: IN MEDIA.
Utorodewo, Felicia N dkk. (2011). Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah. Depok: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Yanti, Prima Gusti dkk. (2017). Bahasa Indonesia: Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v5i02.3216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats