HASIL IDENTIFIKASI PEMINDAIAN UJI KESAMAAN SKRIPSI MAHASISWA

Harlinda Syofyan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi kesamaan antara karya ilmiah yang sudah ditulis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dibandingkan dengan karya ilmiah orang lain yang mungkin dikutip dari berbagai tulisan orang lain. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan adalah softcopy skripsi mahasiswa semester akhir tahun 2019 yakni berjumlah yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 1 laki-laki dan 32 perempuan. Karena anti plagiat sudah banyak diusung oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah baik untuk mahasiswa dan dosen karya orang lain tanpa mencantumkan penulis aslinya. Hasil karya seseorang harus dihargai, maka uji plagiat dengan memanfaatkan aplikasi kesamaaan telah banyak beredar, diantaranya adalah aplikasi Turn It in. Karna tindakan plagiat merupakan tindakan kejahatan  maka artikel ini membahas tentang hasil pemindaian uji  kesamaan pada tugas akhir mahasiswa dengan memakai aplikasi Turn it In. Sehingga dengan memanfaatkan aplikasi ini akan menjadikan publikasi ilmiah dikalangan sivitas akademika kampus akan lebih bermartabat dalam menyampaikan hasil pemikiran dan penilitiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pemindaian yang didapatkan dalam lima kali kegiatan pemindaian dengan hasil kesamaan terendah dalam kisaran 1-5% dan kisaran tertinggi 212-25% sesuai dengan  maksimal dari toleransi kebijakan kesamaan yang diberikan oleh fakultas

References


Anderson, M. S., & Steneck, N. H. (2011). The problem of plagiarism. Urologic Oncology: Seminars and Original Investigations. https://doi.org/10.1016/j.urolonc.2010.09.013

Arieff Salleh Rosman, Ahmad Mahyuddin Hassan, Azmi Suratman, Mohd Nasir Ripin, & Nurazmallail Marni. (2008). Persepsi pelajar Universiti Teknologi Malaysia (UTM) terhadap plagiarisme. Jurnal Teknologi .

Ayuliani. (2015). Memahami Etika Penulisan Karya Ilmiah. Articel.

Fakhrul Anuar, A., & Zulikha, J. (2002). Plagiarisme Berasaskan Internet: Suatu Analisis. In 1st International Malaysian education Technology Convention.

Greenfield, T. (2012). Plagiarism. In Research Methods for Postgraduates: Third Edition. https://doi.org/10.1002/9781118763025.ch6

Hafdarani. (2014). Analisis Plagiarisme Di Kalangan Akademisi. Allemania.

Jannah, K. Z., & Andriani, F. (2013). Pengaruh Sikap , Norma Subyektif , dan PBC Mahasiswa terhadap Intensi Plagiat dalam Tugas Akademik. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial.

Khairul. Zainal. (2017). Fenomena Plagiarisme di Perguruan Tinggi. Kompasiana.Com.

Kowanda, A., Siregar, I. P., Lie, J., Irmawati, N. F., & Purnamasari, D. (2014). Pengukur semantic similarity pada artikel web dalam upaya pencegahan plagiarisme. Kommit.

Mulyana. (2010). Pencegahan Tindak Plagiarisme Dalam Penulisan Skripsi : Upaya Memperkuat Pembentukan Karakter di Duni Akademik. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.236

Pecorari, D., & Petrić, B. (2014). Plagiarism in second-language writing. Language Teaching. https://doi.org/10.1017/S0261444814000056

Satria, R. T. M. (2017). Identifikasi BBentuk Tindak Plagiat Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika

Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(2), 232–237.

Suwarjo, dkk. (2012). Identifikasi Bentuk Plagiat Pada Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.

Syofyan, H. ; R. S. D. V. M. T. (2019). Pendampingan Literasi Sains Dalam Pembelajaran di SDN Jelambar Baru 01 Pagi [Science Literacy Assistance in Laerning at SDN Jelambar Baru 01 Pagi]. Jurnal Sinergis PKM & CSR, 4(1), 86–93. Retrieved from https://ojs.uph.edu/index.php/JSPC/article/view/2093

Syofyan, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi di Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/jpd.061.12

Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., & Tesaniloka P, M. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kamampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816

Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(5), 195–210. Retrieved from http://journal.fkm.ui.ac.id/kesmas/article/view/84/85

Zalnur, M. (2012). Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa Dalam Meembuat Tugas-Tugas Perkuliahan Pada Fakultas Tarbiyah IAIN Imam bonjol Padang. Al-Ta Lim. https://doi.org/10.15548/jt.v19i1.6




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v5i02.3218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats