MEASURING TOEFL ONLINE LEARNING ENVIRONMENT EFFICACY WITH CONSTRUCTIVIST ON-LINE LEARNING ENVIRONMENT SURVEY (COLLES)
Abstract
Sebagai tes kecakapan berbahasa Inggris yang terkenal dan terstandarisasi dalam mengukur kemampuan penutur asing bahasa Inggris, TOEFL (Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) sengaja diajarkan sebagai Mata Kuliah yang perlu diambil oleh Mahasiswa Universitas Esa Unggul selama dua semester dengan menggunakan pihak aplikasi pembelajaran pihak ketiga bernama “ReallyEnglish Training Management System”. Setelah diterapkan selama beberapa tahun, beberapa masalah muncul karena evaluasi pembelajaran tidak dilakukan, terutama tentang bagaimana mengukur kemanjuran lingkungan pembelajaran online. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur persepsi siswa terhadap lingkungan kelas online TOEFL. Cross Sectional Survey digunakan sebagai desain dasar untuk menggambarkan persepsi 214 mahasiswa yang mengikuti kelas TOEFL selama satu semester menggunakan Training Management System “Really English”. 24 pertanyaan tertutup diikuti oleh skala Likert lima poin diberikan untuk mengukur relevansi profesional siswa, pemikiran reflektif, interaktivitas, permintaan kognitif, dukungan afektif, dan interpretasi makna berdasarkan Konstruktivis On-line Learning Environment Survey (COLLES) sementara pertanyaan terbuka digunakan untuk mewawancarai 20 siswa yang dipilih secara acak. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Sistem Manajemen Pelatihan “ReallyEnglish” telah cukup mendukung relevansi profesional siswa, interaktivitas, tuntutan kognitif, dan interpretasi makna meskipun beberapa kekurangan mengenai pemikiran reflektif dan dukungan afektif masih ditemukan.
Kata kunci: toefl, sistem manajemen pelatihan, survei lingkungan pembelajaran online konstruktivis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47007/edu.v7i01.4633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats