ANALISA TERHADAP KEMUNGKINAN LEARNING LOSS DI PONDOK PESANTREN TAHFIDHIL QUR’AN AL-MA’ARIJ JOMBANG

Taaliyatul Furqoniyyah, Indri Sudanawati Rozas

Abstract


Penelitian ini membahas tentang situasi pembelajaran yang berlangsung selama pandemi, yang dalam pelaksaannya berpotensi besar mengalami Learning Loss. Learning Loss merupakan kemunduran bahkan hilangnya pengetahuan seseorang secara akademis karena hilangnya minat belajar seseorang yang disebabkan berkurangnya intensitas interaksi dengan guru saat proses pembelajaran. Fenomena Learning Loss ini menjadi salah satu masalah yang cukup serius ditengah pandemi COVID-19 dan membutuhkan perhatian yang serius dari pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Penelitian dilakukan dengan tujuan menganalisa kemungkinan terjadinya Learning Loss yang terjadi di PPTQ Al-Ma'arij yang telah menjalankan proses pembelajaran daring selama pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mix methode) dimana menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk menghitung dan menganalisa hasil dari penyebaran kuesioner terhadap subjek penelitian, sedangkan metode kualitatif digunakan sebagai analisa terhadap hasil wawancara dan observasi yang dilengkapi dengan kajian literatur lainnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai referensi dan bahan kajian keilmuan untuk penelitian berikutnya.

 

Kata kunci: Learning loss, pondok pesantren, pembelajaran daring, COVID-19


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v7i02.5542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats