KAJIAN ASISTENSI MENGAJAR DI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA CALON GURU SD PADA PROGRAM KAMPUS MERDEKA

Patri Janson Silaban, Israil Sitepu

Abstract


Pendidikan di Indonesia banyak dan beragam persoalan diantanya pendidikan formal, non formal maupun informal. Asistensi mengajar dapat memberikan solusi karena mahasiswa dibawwah bimbingan dosen pembimbing lapangan di satuan pendidikan seperti sekolah dasar. Tempat pelaksanaan asistensi mengajar ini berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil. Tujuan program asistensi mengajar di satuan pendidikan antara lain: 1) Meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang pendidikan serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya.. 2) Meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan, serta relevansi pendidikan dasarsesuai dengan perkembangan zaman. Adapun kompetensi mahasiswa calon guru SD meliputi perencanaan kegiatan, pelaksanaan (mengajar, adaptasi teknologi, administrasi), pelaporan, kepribadian dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survey. Berdasarkan hasil uji korelasi (rxy atau rhitung= 0.90 dengan taraf signifikan 0.05 dengan jumlah (n) = 23 mahasiswa, sehingga diperoleh rtabel= 0,413, hasil uji hipotis menunjukkan bahwa thitung =3,52 dengan ttabel= 1,72. Dengan demikian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 90% asistensi mengajar di sekolah terhadap kompetensi calon guru SD PGSD FKIP Universitas Katolik Santo Thomas.


References


Anugrahana. 2016. Peningkatan Kompetensi Dasar Mahasiswa Calon Guru SD pada matakuliah Pendidikan Matematika dengan Model Pembelajaran Inivatif. Jurnal Penelitian.20(2) 182-187

Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian (10th ed.). PT Rineka Cipta.

Dilla, Octavia.2020.Pentingnya Kompetensi Pedagogik Dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Faktor: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 7(2) 115-124

Kemendikbud. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edisi ke- 1.Jakarta: Dikti.

Kemendikbud. 2021. Buku Pegangan Dosen Pembimbing Lapangan. Edisi ke- 1.Jakarta: Dikti.

Maretika,dkk. 2018. Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi IPA Terhadap Calon Guru Sekolah Dasar Pgsd Fkip Universitas Jambi. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(2) 41-49

Saragih, A. Hasan (2008) Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5 (1). pp. 23-34. ISSN 1693-7732.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (Sutopo (ed.); 1st ed.).

Alfabeta.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. 2020. Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Suhartoyo, dkk. 2020. Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588.

Widoyono, dkk. 2021. Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 16(2) 102-107




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats