Penerapan Nilai-nilai Moral melalui Ekstrakurikuler Pramuka pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Malang

Anselina Jaji Kokomaking, Andri Fransiskus Gultom, Engelbertus Kukuh Widijatmoko

Abstract


Nilai moral menjadi dasar yang kokoh dalam membentuk dan menuntun peserta didik untuk berperilaku yang baik, sehingga menjadi manusia yang berakhlak. Namun moral di Indonesia sangat memprihatinkan terutama pada generasi muda saat ini. Di era saat ini sering terjadi penyimpangan moral pada kalangan pelajar, dimana peserta didik tidak lagi mengindahkan dan memaknai nilai moral yang ada dalam kehidupan. Dengan demikian moral pada peserta didik perlu dibenahi agar tidak terjadi penyimpangan secara terus-menerus. Penerapan nilai moral pada peserta didik dilakukan melalui ekstrakurikuler pramuka. Melalui ekstrakurikuler pramuka dapat membentuk dan membina moral  pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguraikan solusi dalam menerapkan nilai moral pada peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatit deskkriptif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan nilai moral dilakukan dengan berbagai macam kegiatan sekolah, melalui sosialisasi, melakukan senyum, sapa, salam, sopan dan santu, melalui pembuatan pupuk dan pionering, melalui sholat bersama, dan melalui baris-berbaris. Dengan berbagai kegiatan tersebut dapat membawa perubahan pada perilaku peserta didik menuju ke arah yang positif.


References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Aryati, A. (2020). Pembinaan Akhlak Bagi Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(1), 1–9.

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Febbi, A., & La Iru, W. O. H. (2019). Peran Guru PPKn Dalam Membina Karakter Siswa SMP Negeri 1 Lasalepa Desa Bonea Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna. Selami IPS, 12(1), 500–506. https://doi.org/10.1534/g3.120.401131

Hanafi, M., Suciati, & Iswahyudi, D. (2019). Peran Guru dalam Membina Moral Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 3, 122–129.

Huda, K., & Prilia, F. R. (2021). Relevansi Pendidikan Karakter Ibnu Miskawaih Terhadap Pendidikan Era Modern. Jurnal Penelitian Keislaman, 20, 16. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk

Kusumastuti, N., & Rukiyati, R. (2018). Penanaman nilai-nilai moral melalui kegiatan bercerita pada anak usia 5 tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.14830

Lickona, T. (2019). Education For Character (Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik ) (2nd ed.). Nusa Media.

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375

Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter. Nusa Media.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Novia, S., Wijaya, K. C., & Aspat, A. Y. (2019). Metode Penelitian Nilai Moral Anak Usia Dini. 1(2), 29–44.

Rahayuwati, R. (2021). Penolakan Vaksinasi: Imajinasi Moral Dan Peran Media Sosial. Humanika, 28(2), 128–145.

https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/39912

Rahim, A. (2020). Reaktualisasi Implementasi Sistem Pendidikan Integratif di Sekolah dalam Mengantisipasi Degradasi Moral. 4(1), 75–81.

Rohmansah, A. A. M., Yunus, B. M., & Sukandar, A. (2022). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Akhlak Mulia. Ilmu Pendidikan, 1, 33–45.

Ruslan, Elly, R., & Aini, N. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa di SD Negeri Lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1), 68–77. http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/viewFile/431/262

Sa’diyah, H., & Rosyid, M. Z. (2020). Kode Etik dan Moral Mahasiswa (Studi Terhadap Peran Tim Kode Etik dalam Membina Moral Mahasiswa di IAIN Madura). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 17(1), 46. https://doi.org/10.19105/nuansa.v16i2.2628

Woro, S., & Marzuki. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 59–73. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10733




DOI: https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats